Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Thursday, January 28, 2021

Aman Bertransaksi di Era Pandemi



Di Era pandemi gini, sebisa mungkin melakukan transaksi menggunakan dompet digital supaya lebih mudah dan nggak perlu pegang duit yang udah dari tangan-tangan ke tangan.

Walau tinggal di kampung, tetap aja bisa transaksi sesama OVO hanya dengan scan barcode doang.
Mudah banget!!
Semua yang pada jualan juga bisa mulai beralih menggunakan dompet digital ini loh.
Cuma modal android, aplikasi dompet digital, tinggal scan doang.

Mudah, aman dan pastinya bebas bersentuhan di saat pandemi seperti ini.



Aku cuma berharap di sini juga banyak pengguna @ovo_id biar aku juga makin mudah bertransaksi. Karena aku sudah pakai ini sejak tahun 2018 dan nggak ada yang pakai juga di sini.
Kalau pada pakai, pasti bakal enak banget, deh. Aku nggak perlu capek2 pakai uang tunai untuk pembayaran. Cukup bawah handphone dan semuanya jadi mudah.

Tinggal di kampung bukan jadi alasan. Karena hampir semua orang udah pakai android loh.

🤗🤗🤗
Yuk, temenin aku pakai OVO dan tetap sehat di masa pandemi.


Much Love,


@samboja_kuy


#samboja #kaltim #kukar #ibukotabaru #ovo #ovopay #dompetdigital

Thursday, January 21, 2021

4 Hak Anak yang Wajib Kita Ketahui

 



Hai, teman-teman!

Apa kabarnya hari ini?

Semoga tetap semangat selalu ya!


Kali ini aku mau berbagi sedikit ilmu yang aku dapat saat menjalani pelatihan menuju "Desa Ramah Anak" yang diadakan di Desa Beringin Agung. Aku nggak pintar, sih. Mungkin, nggak pantas untuk mengajari orang lain. So, aku cuma mau sharing materi saja. Semoga bermanfaat.



Buat kalian yang masih anak-anak atau pernah menjadi anak, udah pada tahu apa belum sih kalau kita tuh punya hak-hak yang harus kita dapat dalam kehidupan bermasyarakat?




Nah, kali ini ... aku mau bahas 4 hak anak yang wajib kita ketahui.


1. Hak Hidup

    Hak atas hidup dan kebutuhan dasar untuk keberlangsungan hidup anak. Mendapatkan ASI eksklusif, imunisasi, mendapatkan makanan bergizi, perawatan kesehatan, mendapatkan tempat tinggal yang layak, dll.

2. Hak Tumbuh Kembang

    Hak untuk mengembangkan potensi secara penuh; Mendapatkan pendidikan termasuk pendidikan usia dini, kasih sayang, motivasi, rekreasi, kegiatan untuk mengembangkan minat dan keterampilan, dll.

3. Hak Untuk Dilindungi

    Perlindungan anak untuk mencegah terjadinya segala bentuk kekerasan, penelantaran dan eksploitasi. Tidak diperlakukan kasar, tidak dihukum secara fisik atau verbal, tidak digunakan untuk kepentingan seksual dan ekonomi, tidak dipenuhi hak hidup dan tumbuh kembangnya, dll.

4. Hak Untuk Berpartisipasi

    Memberikan kesempatan pada anak untuk terlibat dalam hal-hal yang mempengaruhi hidup mereka seusai denga usia dan tingkat perkembangan anak. Meminta pendapat dalam mengambil keputusannya sendiri seperti tentang mendengarkan pendapat anak tentang pilihan sekolah, makanan, hobby/minat, dll.


Itulah empat hak anak yang wajib kita ketahui. Supaya, kita sebagai anak juga bisa menuntut hak-hak kita jika suatu hari kita menemukan pelanggaran terhadap hak-hak anak.



Sumber : Buku Pintar Perlindungan Anak (dalam rangka mewujudkan Desa Beringin Agung yang ramah anak), Yayasan Teman Kita x Pertamina Hulu Sanga-Sanga



Pelatihan Bisnis Untuk Pelaku UMKM di Desa Beringin Agung


Sabtu, 16 Januari 2021

Awal tahunku kali ini ... dimulai dengan pelatihan bisnis untuk pelaku UMKM di Desa Beringin Agung.
Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Beringin Agung yang bekerjasama dengan Pertamina Hulu Sanga-Sanga dan Yayasan Teman Kita.

Dalam pelatihan kali ini, ada materi tentang "Langkah Memulai Bisnis" yang disampaikan oleh Ibu Nany Achmad, SE (Pengusaha Kuliner, Shoes Crispy) dan materi tentang Management Keuangan yang disampaikan oleh Bapak Sunar Junaidi, SE (biasa dipanggil Bang Juned).

Pelatihan ini diikuti oleh pelaku usaha dari berbagai sektor seperti usaha makanan, cemilan, kerajinan tangan, percetakan/penerbitan dll.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para pelaku usaha UMKM di Desa Beringin Agung bisa semakin berkembang dan dapat meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat Desa Beringin Agung.

Pelatihan kali ini benar-benar membuka wawasan saya dalam memulai usaha. Terutama bagi saya yang masih belum memiliki banyak ilmu dalam dunia usaha.

Terima kasih atas ilmunya...

Semoga bermanfaat dan membawa kemajuan bagi warga desa.



Much Love,
@rin.muna

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas