Tuesday, October 13, 2020

7 Cara Meningkatkan Reviewer Novel dalam Aplikasi Novelme / Novelaku

 

 


Hai, temen-temen semua. Apa kabarnya nih? Maaf banget karena kesibukan aku menulis novel dan beberapa kegiatan sosial, bikin rumahku yang satu ini selalu kosong.


Nah, kali ini aku nongol sejenak buat ngasih tips ke kalian semua.

Tips apa ya? Emang aku ini siapa? Kok, ngasih tips segala? Hahaha ...

Biarlah, aku penulis sampah ini akan sangat bahagia kalau kamu bisa baca tulisanku ini sampai akhir. Eeeaaaak!


Karena aku adalah salah satu penulis Best Seller dan Ambassador di Novelme. Aku ditugasin buat membimbing bayi-bayi di Novelme biar bisa jadi penulis yang baik dan benar. Kalau ada yang nggak baik, maafkan kegagalanku ini. (Ambil yang baik, buang yang jauh)


Kali ini aku mau  bahas soal pembaca dan reviewer novel kita yang ada di aplikasi Novelma. Mmh, sebenarnya semua aplikasi hampir sama saja sih. Tapi, menurutku aplikasi Novelme adalah tempat di mana para pembaca menghargai karya penulisnya.


Reviewer di aplikasi itu sangatlah penting walau subscriber/follower buku kita cuma sedikit. Review dari pembaca bisa menjadi salahs atu daya tarik pembaca lain untuk membaca karya kita. 


Supaya novel kita dibaca dan di-review oleh pengguna Novelme, aku punya beberapa cara yang bisa kalian coba juga, loh. Aku sudah mencobanya dan berhasil membawa Perfect Hero ke Top Best Seller.

Apa aja sih caranya?

Simak di bawah ini ya!


1. Buat Cover Menarik

Cover novel itu ... udah kayak kemasan produk UMKM. Tampilannya harus menarik dulu. Supaya, orang pensaran untuk lihat-lihat, kemudian membelinya. Buat cover semenarik mungkin untuk mendapatkan viewers dan star vote. Karena cover adalah kesan pertama untuk buku kamu. Buatlah orang lain jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat cover novel kamu. Ilustrasi yang sesuai dan pemilihan font yang baik akan berpengaruh pada cover novel kamu. Meski ada quotes legendaris “Don’t judge book by its cover!”, jangan lantas membuat cover asal-asalan.

 

2. Judul yang Menjual dan Deskripsi yang Menarik

Judul novel itu ...  kayak nama produk yang akan kita jual. Harus enak dilihat (eye catching), unik, bikin penasaran dan beda dari yang lain. Meski sulit, tapi masih bisa mengusahakan untuk membuat judul novel kita semenarik mungkin. Begitu juga deskripsi novel kita. Harus bisa membuatnya menarik dan membuat penasaran orang yang membacanya.

(baca; THEN LOVE & PERFECT HERO)


3. Rajin Membaca dan Mengapresiasi Karya Author Lain

Rajin membaca dan berkomentar di karya author lain termasuk salah satu cara untuk mem-branding nama kita di Novelme. Kalau kita rajin berkomentar, tentunya author lain akan mengenal kita. Begitu juga dengan pembaca, pembaca akan mudah mengingat nama kita karena kita sering memberikan review pada novel orang lain. Usahakan, tetap harus membaca minimal 1 bab supaya komentar kita tidak melenceng dari apa yang ditulis oleh penulis tersebut. 


4. Sapa Mereka (Para Pembaca) yang Telah Memberikan Review

Nah, kalau kita mendapatkan komentar dari pembaca, kita harus bisa menyapa balik pembaca itu. Aktif aja menyapa. Karena mereka itu senang kalau disapa sama authornya dan akan menjadi pembaca setia novel-novel kita. Enak 'kan kalau udah punya pembaca setia. Setiap mau bikin karya baru. Sudaha ada yang menunggu karya-karya kita.


5. Rutin Update Cerita

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah pembaca di Novel kita. Kalau kita rutin update cerita, pembaca akan menunggu setiap harinya. Kalau tidak rutin update cerita, pembaca lama akan lari dan sulit untuk menemukan pembaca baru.


6. Gabung di Komunitas


Ada banyak banget komunitas-komunitas NovelMe di sosial media, seperti yang di WhatsApp. Bergabunglah di komunitas yang menurut kamu cocok. Tapi jangan sekedar gabung. Sesekali kamu harus aktif berdiskusi di dalam komunitas itu. Jangan cuma sekedar promosi-promosi cerita sendiri.

 

Biasanya di dalam group juga ada pengguna NovelMe yang berbaik hati menawarkan jasa merekomendasi cerita. Jangan sia-siakan kesempatan itu, coba tawarkan karya kamu.


 

 7. Share ke Media Sosial

Cara paling mudah meraup banyak pembaca adalah dengan membagikan setiap bagian cerita ke jejaring sosial dan surat elektronik. Jika mengakses melalui website di desktop (komputer/laptop), Dan biar sharingnya efektif, lakukan di waktu-waktu pengguna media sosial sedang banyak yang online. Tapi sebaiknya bagikan sewajarnya saja. Kalau terlalu sering bisa-bisa kita malah dianggap nyepam dan dihapus dari daftar pertemanan.

 

Inilah 7 Cara Meningkatkan Reviewer Novel yang bisa kamu coba. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam kreatif, salam menuulis.

 

Much Love,

 

Vella Nine a.k.a Rin Muna

 

______________________________________________
🅒Copyright. 

Dilarang mengutip atau menyebarluaskan konten blog ini tanpa mencantumkan link atau kredit penulis.

 

10 comments:

  1. Aku kesini dan tepat seperti yg aku cari, Krn baru mulai nulis novel tp blm upload, hanya menulis dulu, rencana bakal upload bulan depan, dan peefect Hero aku udah baca juga, ceritanya baguus banget, thx author atas masukannya.

    ReplyDelete
  2. Selamat pagi ka, Izin promo cerita pertamaku ya.. Silakan tinggalkan jejak review kka sekalian juga, karena kritik dan saran sangat dibutuhkan buat diriku yang masih nub ini hehe.. kalau sudah subscribe jangan sungkan minta subsback, kita saling support ya😁🤭 https://share.novelme.id/starShare.html?novelId=52244&chapterId=null

    ReplyDelete
  3. Selamat pagi ka, Izin promo cerita pertamaku ya.. Silakan tinggalkan jejak review kka sekalian juga, karena kritik dan saran sangat dibutuhkan buat diriku yang masih nub ini hehe.. kalau sudah subscribe jangan sungkan minta subsback, kita saling support ya😁🤭 https://share.novelme.id/starShare.html?novelId=52244&chapterId=null

    ReplyDelete
  4. Hallo ka aku izin promo cerita pertamaku ya ka, sebenernya cerita ini sudah lama kubuat sejak aku SMA secara manual dan dibaca oleh teman teman SMA ku, Respon mereka cukup baik dan suka dengan ceritanya, tapi ini novel pertam yang aku publish di Novelme yang berjudul "CALLUELLA"

    ReplyDelete
  5. Terimakasih banyak kak untuk saran-sarannya.Saran Kakak membuat saya merasa tertampar karena saya jarang mempromosikan cerita saya.
    Hehehe

    Dan juga saya izin promosi cerita saya ya kak
    Judul:Wildest Dreams
    Oleh:Ratri

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Terimakasih banyak kak untuk saran-sarannya.Saran Kakak membuat saya merasa tertampar karena saya jarang mempromosikan cerita saya.
    Hehehe

    Dan juga saya izin promosi cerita saya ya kak
    Judul:Wildest Dreams
    Oleh:Ratri

    Terimakasih

    ReplyDelete
  7. Makasih kak sarannya, emang paling sulit itu nambah subs and reviewer.
    Sekalian izin promosi storyku di novelme😁
    Judul : KUTUKAN DI TAHUN 2022
    Genre : Fantasi
    By SiddStory
    Terimakasih 🙏😊

    ReplyDelete
  8. Wow baru tau ini. Makasih kak informasinya. Sangat berguna sekali bagi saya yang masih pemula. Mau izin promo karya saya yang pertama. Kalau kakak berkenan bisa memberikan masukan pada karya saya nantinya.
    Judul: Diary Luka
    Napen: namakukha

    ReplyDelete
  9. Permisi kakak-kakak semua, izin promosi karya pertama aku di novelme ya, judulnya First and Forever. Napen; listya riyani. Karena ini karya pertama aku, dan aku masih harus banyak belajar jadi aku sangat butuh kritik dan saran dari kalian..

    ReplyDelete
  10. Hallo kak Rin Muna, aku mo ikut-ikutan rekan-rekan lain untuk promo disini yah.
    Yang rindu petualangan panjang macam Thio Buki tapi berlatar belakang sejarah kerajaan di Nusantara silakan mampir di "Kidung Lara Seruling Hantu" yah...
    kata temen-temen yang udah baca sih cukup bagus dengan gaya bercerita yang unik. Terima kasih udah dikasih lapak iklan...

    ReplyDelete

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas