Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Sunday, October 18, 2020

[New Normal] Weekend Seru di Pantai Duta Samboja

Hai, teman-teman!
Apa kabar hari ini?
Semoga selalu menyenangkan walau kita sedang berada di tengah pandemi.
Pandemi yang bikin kita nggak bisa apa-apa dan nggak bisa ke mana-mana selama berbulan-bulan ini ... pasti bikin bete nggak ketulungan.

Setiap hari di dalam rumah, pasti makin setres deh. Apalagi yang dilihat Cuma kamar dan dapur yang kosong.

Sekarang, sudah memasuki new normal. Banyak tempat wisata yang sudah beroperasi dengan memperhatikan protokol kesehatan covid-19. So, kalian udah bepergian ke mana aja?

Mmh ... aku sempat stuck nulis karena kehabisan ide dan butuh refreshing. Jadi, akhir pekan ini aku memilih untuk liburan ke salah satu pantai yang asyik banget, namanya Pantai Duta.
Pantai Duta di mana sih?
Hayo ... udah pada tahu apa belum nih wisata Pantai Duta? 
Pantai Duta terletak di Pemedas, Kecamatan Samboja. Daerah yang digadang-gadang menjadi bagian dari Ibukota Negara. Wow ...! Berarti tempat ini wajib dikunjungi buat kalian yang suka menghabiskan liburan seru kalian di pantai bareng keluarga dan orang tersayang.

Apa sih yang bikin aku milih pantai ini sebagai tempat melepas penat saat weekend?
Ada beberapa keunggulan dari Pantai Duta.

1. Rindang dan Rapi
Kenapa aku bilang rindang? Karena di tempat ini ada banyak pohon pinus yang nggak jauh dari bibir pantai. Jadi, kita bisa berjalan-jalan santai. Melepas penat tanpa takut dengan cuaca panas yang kerap menyengat saat menikmati semilir angin pantai. Pantai yang kayak gini cocok banget untuk bersantai-santau.

2. Ramah dan Nyaman
Di pantai ini juga nyaman banget. Aku bisa bersantai sambil menikmati segarnya es kelapa muda ditemani oleh penjualnya yang ramah. Menurutku, pelayanan itu yang paling penting. Yang menentukan bagaimana pengunjung bisa nyaman atau nggak di tempat ini. Aku salah satu orang yang menyukai pelayanan yang ramah. Apa yang kita nggak tahu, bisa jadi tahu semuanya. Contohnya; kita dikasih tahu jajanan apa aja yang ada di tempat itu. Aku nyobain Tahu Gila yang ada di kedai Abdi Alzam dan akan aku ulas di tulisan selanjutnya ya!
3. Siaga
Dari penuturan pengelola pantai, di tempat ini juga ada penjaga pantai dan tim rescue yang bersiap siaga jika terjadi kecelakaan di pantai tersebut. (Jangan sampai terjadilah, ya!)
Artinya, ketinggian air laut dan semua orang yang masuk ke area laut, berada di dalam pemantauan petugas. Ini juga merupakan salah satu hal penting yang menjadi perhatian semua orang. Karena, semua orang akan merasa aman saat ada penjaga di pantai tersebut bagus. Yang punya anak kecil, juga nggak perlu khawatir ke tempat ini. Tapi bukan berarti orang tua ngelepasin anaknya begitu aja. Tetap harus di bawah pengawasan orang tua karena penjaga pantai tidak mungkin memerhatikan satu per satu orang yang berkunjung.

4. Bersih
Salah satu tempat wisatayang bikin nyaman adalah kebersihannya. Yang paling sering jadi sorotan adalah kebersihan kamar mandinya. Sebagai tempat wisata air, kamqr mandi merupakan hal yang paling utama. Karena pengunjung akan langsung mandi setelah selesai bermain-main air. Air asin dari lautan, tentunya lengket di badan dan rambut. Banyak orang yang mencari kamar mandi untuk membersihkan diri. Kamar mandi atau toilet yang bersih dan nyaman, menjadi nilai tambah untuk wisata pantai yang ada di daerah kita ini.
Saat aku akan pulang sore hari, ada beberapa petugas yang sedang membuang sampah. Meski petugas sudah berusaha menjaga kebersihan pantai. Pengunjung pantai tak sepenuhnya menyadari untuk membuang sampah pada tempatnya.  Aku mendapati beberapa pengunjung yang meninggalkan sampahnya begitu saja di atas kursi atau meja yang terbuat dari semen itu.
Hmm ... entah kenapa, aku selalu sensitif dengan sampah yang berada di pantai. Aku pernah mengunjungi salah satu pantai lain dan sampahnya terhampar bagai kebun bunga. Aaih ... yang kayak gitu bikin ilfeel mau dateng ke tempat itu lagi.
Kalau di Pantai Duta, tempatnya bersih dan full color banget.

5. Fasilitas Lengkap
Mmh ... kenapa aku bilang lengkap? Sebenarnya, nggak lengkap-lengkap banget karena di sini belum ada bar dan kafe. Hahaha ... padahal aku nggak pernah ke bar. Tapi kalo ngafe, aku suka banget ngabisin waktu berjam-jam sambil nulis.
Terus, kenapa dibilang lengkap kalo nggak ada bar-nya?
Yah, aku bilang lengkap karena fasilitas yang dibutuhkan pengunjung itu ada.
Tempat sampah, ada.
Penyewaan tikar/karpet, ada.
Gazebo, ada.
Toilet, ada.
Musholla, ada.
Camping boot, ada.
ATV, ada.
Motocross, ada.
Ayunan, ada.
Ban berenang, ada.
Kuliner, ada.
Souvenir ... mmh, mungkin ini salah satu masukan dari aku untuk pengelola pantai supaya bisa menjual souvenir juga bagi pengunjung yang ada di luar daerah.
Karena pantai ini termasuk baru, aku ingin fasilitas ke depannya semakin baik supaya pengunjung juga nyaman dan selalu bahagia ada di tempat ini.

6. Spot Foto yang Menarik
Namanya juga tempat wisata. Pasti ada spot foto yang asyik dan unik, dong. Yang bikin tempat ini kelihatan beda dari yang lain.
Apa hayo?
Ada tulisan Pantai Duta yang asyik buat foto bareng doi. Kalau ke sini tanpa foto di tempat ini. Semua orang akan bilang kamu hoax, hahaha. Apa hubungannya ...!??
Oke, balik lagi ke spot foto. Jadi, di tempat ini ada spot foto yang asyik banget. Salah satunya adalah ayunan yang ada di area pantai tersebut. Kebayang dong gimana asyiknya main ayunan sementara kaki kita saling sapa dengan ombak yang ada di pantai tersebut. Asyiklah pokoknya. Kalau nggak percaya, dateng aja!

 

7. Camping Space yang Seru
Kalau dari luar daerah dan pengen ke tempat ini, gimana? Di mana nginapnya?
Nah, karena ini pantai yang baru buka. Belum ada villa di tempat ini. Oleh karenanya, di tempat ini ada Boot Camping dan gazebo yang bisa dipakai untuk menginap. 
Kok Gazebo? Dingin, dong!?
Nggak perlu khawatir, karena gazebo-gazebo di sini ditutupi dengan tirai. Bisa digunakan untuk camping sambil menikmati suasana malam di sana. Jadi, kalau kalian mau main ke pantai ini dan asal kotanya jauh. Kalian bisa menginap di gazebo atau camping boot yang ada di sana.

Nah, itu dia perjalanan weekend aku minggu ini untuk melepas lelah dan penat. 
Kalian ke mana aja?
Jangan ngeram terus di rumah! Ada saatnya, kita harus jalan-jalan keluar biar otak nggak setres.
Oh ya, buat kalian yang dari luar daerah, nggak perlu khawatir sama penginapannya. Tinggal bilang aja ke pengelola pantai kalau mau nginap di tempat ini. So, jalan-jalan ke sini ya! Siapa tahu, kita bisa bertemu dan bercerita seru.
 
 
 
Sampai di sini dulu tulisan  dari aku. Aku akan tulis di artikel selanjutnya biar kalian nggak jenuh. 

Thank you ...!


Much Love,
 
Rin Muna



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas