Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Tuesday, October 6, 2020

Terus Terendam Banjir, Warga Desa Beringin Agung Gotong Royong Membersihkan Parit

 

Minggu, 04 September 2020

 

Warga Desa Beringin Agung bergotong royong serempak membersihkan selokan-selokan dan parit dari RT.01 hingga RT.11. Pasalnya, hujan deras yang mengguyur desa seminggu sebelumnya menyisakan kegelisahan bagi warga desa.

Rumah-rumah warga yang berada di daerah rendahan, terendam banjir walau intensitas hujan deras sama seperti hujan-hujan sebelumnya. Beberapa titik memang menjadi langganan banjir di desa ini saat intensitas hujan yang turun sangat deras. Namun, banjir kali ini mulai membuat warga gelisah karena lebih parah dari biasanya dan begitu cepat merendam rumah-rumah warga.

Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Karang Taruna dan semua warga terus meninjau banjir di beberapa titik untuk mengetahui penyebab banjir kali ini. Dari peninjauan yang dilakukan, memang Desa Beringin Agung tidak memiliki sistem drainase yang baik. Banyak parit yang sudah dangkal bahkan sudah tidak seperti parit lagi. Sehingga, kondisi parit yang ada tidak mampu menampung curah hujan yang berlebih. Akibatnya, meluap dan merendam rumah-rumah warga di beberapa titik.


 

Tidak hanya rumah warga, sawah-sawah penduduk juga menjadi korban dari intensitas hujan yang padat.

Oleh karena, hari Minggu lalu ... semua warga bergotong-royong membersihkan parit-parit di setiap RT agar warga desa bisa beristirahat dengan tenang saat hujan deras mengguyur Desa Beringin Agung.


 

Selain karena parit yang tidak berfungsi sebagai sistem drainase yang baik, penggundulan hutan juga menjadi salah satu penyebab cepatnya air masuk-masuk ke dalam rumah warga. Karena saat ini, hutan-hutan yang ada di sekitar Desa Beringin Agung sudah beralih menjadi lahan pemukiman dan tambang batu bara.


 

Harapannya, warga Desa Beringin Agung bisa memilih solusi yang baik agar tidak mengakibatkan banjir yang lebih parah lagi saat hujan deras. Hal ini, tentunya menjadi PR semua pihak. Bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi menjadi tanggung jawab semua warga untuk menjaga lingkungannya.

Pemerintah bisa mengatur sistem drainase yang baik, warganya juga harus bisa menjaga infrastruktur yang telah diupayakan oleh pemerintah. Saling bersinergi untuk kebaikan bersama agar Desa Beringin Agung tetap menjadi desa yang aman dan nyaman untuk warganya.

 

 

/Picture taken by : Toto Prayogo (Ketua LPM Desa Beringin Agung)

 

 

_________________________________________________________

©Copyright

Dilarang copy paste, screenshoot atau menyebarkan postingan ini tanpa izin dari penulis.

2 comments:

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas