Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Tuesday, October 13, 2020

7 Cara Meningkatkan Reviewer Novel dalam Aplikasi Novelme / Novelaku

 

 


Hai, temen-temen semua. Apa kabarnya nih? Maaf banget karena kesibukan aku menulis novel dan beberapa kegiatan sosial, bikin rumahku yang satu ini selalu kosong.


Nah, kali ini aku nongol sejenak buat ngasih tips ke kalian semua.

Tips apa ya? Emang aku ini siapa? Kok, ngasih tips segala? Hahaha ...

Biarlah, aku penulis sampah ini akan sangat bahagia kalau kamu bisa baca tulisanku ini sampai akhir. Eeeaaaak!


Karena aku adalah salah satu penulis Best Seller dan Ambassador di Novelme. Aku ditugasin buat membimbing bayi-bayi di Novelme biar bisa jadi penulis yang baik dan benar. Kalau ada yang nggak baik, maafkan kegagalanku ini. (Ambil yang baik, buang yang jauh)


Kali ini aku mau  bahas soal pembaca dan reviewer novel kita yang ada di aplikasi Novelma. Mmh, sebenarnya semua aplikasi hampir sama saja sih. Tapi, menurutku aplikasi Novelme adalah tempat di mana para pembaca menghargai karya penulisnya.


Reviewer di aplikasi itu sangatlah penting walau subscriber/follower buku kita cuma sedikit. Review dari pembaca bisa menjadi salahs atu daya tarik pembaca lain untuk membaca karya kita. 


Supaya novel kita dibaca dan di-review oleh pengguna Novelme, aku punya beberapa cara yang bisa kalian coba juga, loh. Aku sudah mencobanya dan berhasil membawa Perfect Hero ke Top Best Seller.

Apa aja sih caranya?

Simak di bawah ini ya!


1. Buat Cover Menarik

Cover novel itu ... udah kayak kemasan produk UMKM. Tampilannya harus menarik dulu. Supaya, orang pensaran untuk lihat-lihat, kemudian membelinya. Buat cover semenarik mungkin untuk mendapatkan viewers dan star vote. Karena cover adalah kesan pertama untuk buku kamu. Buatlah orang lain jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat cover novel kamu. Ilustrasi yang sesuai dan pemilihan font yang baik akan berpengaruh pada cover novel kamu. Meski ada quotes legendaris “Don’t judge book by its cover!”, jangan lantas membuat cover asal-asalan.

 

2. Judul yang Menjual dan Deskripsi yang Menarik

Judul novel itu ...  kayak nama produk yang akan kita jual. Harus enak dilihat (eye catching), unik, bikin penasaran dan beda dari yang lain. Meski sulit, tapi masih bisa mengusahakan untuk membuat judul novel kita semenarik mungkin. Begitu juga deskripsi novel kita. Harus bisa membuatnya menarik dan membuat penasaran orang yang membacanya.

(baca; THEN LOVE & PERFECT HERO)


3. Rajin Membaca dan Mengapresiasi Karya Author Lain

Rajin membaca dan berkomentar di karya author lain termasuk salah satu cara untuk mem-branding nama kita di Novelme. Kalau kita rajin berkomentar, tentunya author lain akan mengenal kita. Begitu juga dengan pembaca, pembaca akan mudah mengingat nama kita karena kita sering memberikan review pada novel orang lain. Usahakan, tetap harus membaca minimal 1 bab supaya komentar kita tidak melenceng dari apa yang ditulis oleh penulis tersebut. 


4. Sapa Mereka (Para Pembaca) yang Telah Memberikan Review

Nah, kalau kita mendapatkan komentar dari pembaca, kita harus bisa menyapa balik pembaca itu. Aktif aja menyapa. Karena mereka itu senang kalau disapa sama authornya dan akan menjadi pembaca setia novel-novel kita. Enak 'kan kalau udah punya pembaca setia. Setiap mau bikin karya baru. Sudaha ada yang menunggu karya-karya kita.


5. Rutin Update Cerita

Cara yang satu ini sangat ampuh untuk meningkatkan jumlah pembaca di Novel kita. Kalau kita rutin update cerita, pembaca akan menunggu setiap harinya. Kalau tidak rutin update cerita, pembaca lama akan lari dan sulit untuk menemukan pembaca baru.


6. Gabung di Komunitas


Ada banyak banget komunitas-komunitas NovelMe di sosial media, seperti yang di WhatsApp. Bergabunglah di komunitas yang menurut kamu cocok. Tapi jangan sekedar gabung. Sesekali kamu harus aktif berdiskusi di dalam komunitas itu. Jangan cuma sekedar promosi-promosi cerita sendiri.

 

Biasanya di dalam group juga ada pengguna NovelMe yang berbaik hati menawarkan jasa merekomendasi cerita. Jangan sia-siakan kesempatan itu, coba tawarkan karya kamu.


 

 7. Share ke Media Sosial

Cara paling mudah meraup banyak pembaca adalah dengan membagikan setiap bagian cerita ke jejaring sosial dan surat elektronik. Jika mengakses melalui website di desktop (komputer/laptop), Dan biar sharingnya efektif, lakukan di waktu-waktu pengguna media sosial sedang banyak yang online. Tapi sebaiknya bagikan sewajarnya saja. Kalau terlalu sering bisa-bisa kita malah dianggap nyepam dan dihapus dari daftar pertemanan.

 

Inilah 7 Cara Meningkatkan Reviewer Novel yang bisa kamu coba. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam kreatif, salam menuulis.

 

Much Love,

 

Vella Nine a.k.a Rin Muna

 

 

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas