Thursday, July 7, 2022

Calligrapher Team Desa Beringin Agung Tahun 2022

 




Alhamdulillah, setiap tahunnya aku masih diberi kepercayaan untuk mengirimkan kafilah dari Desa Beringin Agung untuk ikut berpartisipasi dalam lomba MTQ (Mushabaqah Tilawatil Qur'an)


Setiap tahunnya pula, kafilah dari desa selalu berubah-ubah. Terkadang, sulit untuk menemukan bakat-bakat baru yang memiliki jiwa berkompetisi. Ada banyak orang yang cerdas, pandai dan memiliki keterampilan, tapi tidak banyak dari mereka yang memiliki keberanian untuk berkompetisi di dunia luar.

Terlebih, pandemi selama dua tahun ini membuat anak-anak remaja lebih asyik dengan dunia digital dan gadget yang setiap hari di tangan. Mereka lebih banyak berdiam diri di dalam sebuah ruang dan tidak banyak bergerak. Membuat mereka kurang berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya dan membuat mereka tidak memiliki kepercayaan diri saat berada di luar ruangan.

Oleh karena itu, Rulika menjadi salah satu tempat ekslusive yang hanya diminati oleh kalangan tertentu. Karena tidak semua anak mau dan berani untuk ikut berkompetisi. Bagiku, mereka tidak perlu memiliki bakat yang tinggi. Asalkan mereka berani untuk maju dalam kompetisi, maka mereka adalah pemenang yang sesungguhnya atas rasa takut dalam diri mereka sendiri.






Aku bahagia karena masih memiliki kesempatan untuk mendampingi mereka dalam proses pengembangan diri. Tidak ada yang instan di dunia ini, kecuali mie instan. Mie instan pun masih harus melalui proses pemasakan untuk bisa dikonsumsi dengan baik dan memiliki cita rasa yang enak.

Begitu juga dengan proses seni kaligrafi ini. Semuanya butuh proses dan anak-anak remaja adalah target yang paling baik sebagai proses untuk pengembangan diri dan belajar.

Karena semua yang ada di sini adalah hasil pembelajaran otodidak. Tidak ada guru khusus yang mengajari anak-anak kaligrafi. Aku sendiri hanya berusaha menyediakan fasilitas semampuku dengan bantuan dari desa untuk pengadaan peralatan kaligrafi. Semua keterbatasan ini, membuat kami tidak bisa berkembang cepat seperti peserta-peserta dari daerah lain. Tapi semua anak-anak tetap bersemangat untuk belajar menjadi lebih baik lagi.

Semoga, tahun-tahun berikutnya semakin banyak anak-anak remaja yang mau bergabung dengan Rulika untuk sama-sama belajar menjadi remaja yang jauh lebih baik untuk masa depan mereka.
Rulika terbuka untuk siapa saja yang mau belajar dan berkarya. 
Aku bukan pembimbing atau guru bagi mereka. Aku hanya seorang pendamping yang akan mendengarkan apa pun yang mereka butuhkan dan aku akan berusaha membantu sesuai dengan kemampuanku. 
Aku hanya manusia biasa, kemampuanku sangat terbatas.
Hebatnya mereka adalah karena mereka sendiri, bukan karena aku.
Jatuhnya mereka adalah kesalahanku yang tidak mampu memberikan dukungan terbaik untuk mereka.
Semoga ke depannya, akan ada orang yang lebih peduli pada pengembangan bakat anak-anak remaja, selain aku.

Terima kasih untuk cerita yang begitu membanggakan ...!
Aku akan perkenalkan anak-anak yang selalu aktif belajar dan berkarya di Rumah Literasi Kreatif.

Salam kenal semuanya ...!














Mohon doa dan dukungannya supaya mereka tetap aktif berkarya!



Much Love,


@rin.muna

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas