Sunday, October 18, 2020

5 Aplikasi Desain Grafis Terbaik untuk Cover Novel yang Menarik

 Hai, teman-teman ...!

How are you?

Buat penulis pemula, pasti suka bingung kan gimana caranya bikin cover untuk novel kita supaya menarik. 

Ada banyak aplikasi design grafis yang murah, mudah dan bahkan gratis ... yang bisa kamu coba untuk membuat design novel kamu.

Aku punya 5 rekomendasi aplikasi yang bisa kalian coba untuk membuat design cover. Untuk gambar gratis, tentunya tidak akan melanggar hak cipta. Gambar premium bisa didapatkan dengan membayar.

 

Canva


Untuk kita yang masih pemula dan belum memiliki skill design, canva adalah pilihan yang tepat karena di dalamnya banyak template menarik yang bisa langsung kamu gunakan. Selain template juga ada berbagai logo, text, frame, dan objek lainnya yang bisa kita kreasikan. Sangat praktis. Tersedia dalam web maupun aplikasi mobile. Kalian bisa download Canva di Playstore atau App Store. Kalau lewat web, bisa masuk melalui kanal www.canva.com.

Aplikasi yang satu ini adalah yang paling aku suka dari semuanya. Selain design cover, kita juga bisa membuat design lain untuk promosi novel kita agar lebih menarik lagi.

 

Adobe Spark


Adobe Spark hampir sama seperti canva, aplikasi ini juga menyediakan berbagai template siap pakai. Fitur yang tersedia sederhana. Ini menjadi nilai plus bagi kamu yang pemula karena lebih user-friendly, juga bisa diakses melalui handphone atau PC. Kalo yang namanya Adobe, yah ... pastinya nggak ada yang gratis. Yang gratis selalu ada watermark-nya. Aku paling nggak suka dengan aplikasi yang meninggalkan watermark. Artinya, kita harus bayar kalau ingin memiliki design yang memang kita kreasikan sendiri 

Gravit Designer

Gravit Designer merupakan salah satu aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini berada di bawah naungan Corel, artinya ... cara kerjanya juga mirip dengan Corel Draw. Hanya saja, aplikasi ini online, jadi kamu harus terhubung ke internet untuk bisa membuat design di aplikasi ini. 

Gravit memiliki peralatan desain yang cukup lengkap. Banyak koleksi obyek (bentuk, ilustrasi, stiker, garis, emoji, dll). Tersedia versi Mac, Windows, dan Linux (PC/Laptop).   

Untuk kalian yang masih pemula, aku nggak rekomendasi karena agak ribet. Tapi, buat kalian yang ingin membuat desain yang lebih bagus dan berbeda dari yang lain, kalian bisa coba aplikasi yang satu ini.

 

 

SketchBook


Autodesk Sketchbook adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat sketsa atau menggambar. Sketchbook menyediakan berbagai tools seperti layer, perspective dan aneka brush. Dapat diakses melalui HP. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kita harus memiliki kemampuan menggambar sendiri.

 

Desygner


Desygner adalah aplikasi sejenis Canva. Isinya sangat lengkap. Cocok untuk kamu yang suka berkreasi. (bahkan kamu bisa upload font sendiri). Aplikasi ini pun user-friendly  dan dapat diakses melalui HP.    

 

Nah, itu dia 5 aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat desain cover buku kita.

Kalau aku sendiri, sejauh ini lebih nyaman pakai Canva. Maybe, karena aku sudah memakainya selama bertahun-tahun dan agak lambat kalau mengenali fitur-fitur baru di aplikasi lain.


Kalau kamu,paling suka pakai aplikasi apa untuk bikin cover buku?


Yuk, share pengalaman kamu di bawah ini ya!

Nanti aku coba, deh.



Much Love,


Rin Muna


 

 

2 comments:

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas