Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Monday, March 15, 2021

5 Manfaat Menjadi Penulis




Banyak orang yang menganggap bahwa menulis adalah sesuatu yang membosankan. Sehingga, tidak banyak orang yang berkecimpung di dunia kepenulisan. Padahal, menulis adalah bagian dari hidup kita. Kita tidak bisa terlepas dari tulisan atau teks dalam kehidupan sehari-hari.

Buat kamu yang selalu bertanya, apa sih manfaatnya jadi penulis? Hanya buang-buang waktu dan tidak mendapatkan apa-apa.

Eits ...! Menulis itu hobi. Buatku saat ini, menulis bukan sekadar hobi saja, tapi juga habbit dan passion. Karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menjadi penulis.

Apa aja sih manfaatnya jadi penulis?

Yuk, simak tulisan di bawah ini!

  • Wawasan Luas

 Orang yang suka menulis, pastinya akan mencari banyak referensi atau bahan bacaan yang akan dijadikan tulisan. Semakin banyak menulis, orang itu pasti akan semakin banyak membaca. Dengan banyak membaca, wawasan yang dimiliki seorang penulis akan menjadi semakin luas. Terlebih ketika kalian menjadi penulis novel sepertiku. Kalian harus bisa mencipatakan karakter/tokoh  dengan berbagai profesi. Untuk membuat tokoh itu hidup, penulis harus bisa menjadi seorang pengusaha, dokter, tentara, ibu rumah tangga, anak-anak dll. dengan sudut pandang dan pemikiran mereka masing-masing. Oleh karenanya, menjadi penulis bisa menambah wawasan kalian semua untuk terus berkarya.

 

  • Bisa Menjadi Influencer dalam Kebaikan

Penulis bisa menjadi seorang influencer juga, loh. Kenapa? Karena penulis bisa membuat tulisan persuasi. Mengajak para pembacanya untuk melakukan sesuatu. Terutama dalam mengajak ke dalam kebaikan. Ada banyak sekali situs penulis yang mengajak dan mempengaruhi orang-orang untuk ikut serta dalam melakukan aksi kemanusiaan lewat tulisan. Terlebih, saat tulisan-tulisan sudah dikenal banyak orang. Tentunya, kita akan lebih baik dan lebih mudah dalam menebarkan kebaikan.

 

  • Menambah Income

 Banyak orang yang menganggap bahwa menulis tidak menghasilkan apa-apa. Tidak akan bisa ngasih kita makan. Itulah yang aku rasakan saat aku memutuskan terjun di dunia kepenulisan. Tidak ada hasilnya. Aku justru sering merogoh kocek dari kantong sendiri untuk mencetak buku-buku karyaku secara indie. Kalau tidak ada yang beli bukunya, otomatis aku tidak akan mendapatkan uang. 
Tapi, tidak menyerah begitu saja. Aku tetap terus menulis, memperbanyak tulisan agar terbiasa dengan banyak kosakata. Sampai akhirnya, tulisan-tulisanku bisa menghasilkan uang. Entah itu dari adsense atau dari penjualan bab berbayar. Semuanya bisa menghasilkan uang dari menulis asalkan tekun dan ingin terus belajar. Eh, jadi influencer juga bisa dapat uang, loh. Aku juga biasa mendapatkan uang dengan membuat artikel persuasif, loh. Beberapa perusahaan akan mencari penulis yang tulisannya bagus dan kekinian untuk membuat tulisan yang bisa mempengaruhi banyak orang, terutama kebutuhan pasar yang terus berkembang.
 
  • Melatih Skill Berkomunikasi

 Selain untuk menambah wawasan dan menambah income. Menulis juga bisa melatih skill berkomunikasi. Kenapa? Karena kita bisa memiliki banyak kosa kata saat kita bertemu dengan orang baru. Komunikasi dua arah yang baik adalah ketika kita tidak pernah kehabisan bahan untuk dibicarakan. Karena, kita memiliki pengetahuan dan nyambung ketika bertemu dengan orang baru, meski memiliki dunia yang berbeda. Rasanya keki banget saat kita berada dalam satu ruangan, tapi kita nggak bisa bicara banyak karena keterbatasan pengetahuan yang kita miliki. Iya, nggak?

  • Memperluas Relasi / Jaringan Pertemanan

 Kalau kata Kak Andrei Aksana, penulis bukanlah orang yang introvert. Penulis yang sesungguhnya adalah orang-orang ekstrovert yang suka dengan hal-hal baru dan keramaian. Dia akan menjadi introvert ketika sudah mendapatkan inspirasi di luar sana dan berhadapan dengan laptop atau komputer untuk menyusun sebuah naskah.
So, menjadi penulis akan memperluas relasi/jaringan pertemanan. Karena kita bisa bergabung dengan beberapa komunitas penulis yang begitu luas.
Dengan begitu, jaringan pertemanan kita juga akan semakin luas. Tidak hanya dikenal karena karya-karyanya, tapi juga pribadinya.
 
 
Nah, itu dia 5 manfaat menjadi seorang penulis.
Menurut kamu, masih ada lagi nggak manfaatnya jadi seorang penulis?
Kalau ada, silakan komentar di bawah ya!
 
 
Siap jadi penulis? 
Harus siap, dong!
 
 
Much Love,
@rin.muna

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas