Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Friday, March 13, 2020

Mempercantik Kebaya dengan Mutsin Sederhana


Hai ... hai ...!

Buat kalian yang suka fashion, pasti suka juga dong dengan hal yang manis-manis kayak gini. 
Kebetulan, aku juga suka sama fashion. Hmm ... walau penampilanku belum bisa fashionable karena memang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah daripada di luar rumah. Alhasil, baju yang paling sering aku pake ya cuma daster doang. Tapi ... aku seneng banget kalo bisa bikinkan baju yang cantik buat orang lain.

Hmm ... emang sih, selain hobi nulis dan gambar, aku juga suka menjahit. Mmh ... dibilang suka banget sih enggak juga. Tapi ... suka aja bisa bikin baju sendiri. Yah ... ujung-ujungnya ya tetep aja suka. Hahaha ...

Di sela-sela kesibukan aku sebagai ibu rumah tangga, aku juga selalu menjalankan hobiku bikin baju. Bikin baju buat siapa? 

Awalnya, aku bikin baju cuma buat si kecil dan buat aku pribadi. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang berdatangan dan minta tolong dijahitkan bajunya. Yah, namanya orang minta tolong, nggak tega sih nolaknya. Sampai akhirnya ... ini kebaya yang ke-6 yang aku buat.

Nggak ada pelatihan khusus. Aku belajar menjahit secara otodidak. Nggak ada yang ngajarin aku buat jahit. Aku cuma suka gambar fashion. Yah, walau sekarang sketsa fashionku udah aku bakarin semua. 

Awalnya belajar jahit, karena berambisi pengen bikinin baju sendiri buat si kecil. Jadi, belajarnya cuma bikinin baju untuk si kecil aja. Belajar bikin fashion yang mudah-mudah dulu, seperti sarung bantal atau rok untuk Livia.

Seiring berjalannya waktu, banyak yang minta potong dan rombak bajunya. Dari situ aku benar-benar mempelajari dan meneliti alur dan pola jahitan serta teknik menjahit yang baik.

Malam ini, aku masih berkutat memasang manik-manik di atas brukat supaya hasilnya jadi lebih manis lagi. Memang sudah larut malam. Tapi, aku tetap semangat dan merasa bahagia melakukannya. Aku menambahkan beberapa mutiara sintetis di bagian leher supaya terlihat lebih manis dan elegan. Alhasil, kebaya brukat yang awalnya terlihat sangat sederhana akan berubah menjadi lebih elegan ketika dipadukan dengan bahan batik di bagian rok/bawahannya. Kalian juga bisa coba di rumah untuk mempercantik gaun-gaun pesta kamu dengan mutsin yang harganya sangat terjangkau. Tampil cantik nggak harus mahal, kok. Asal hatinya juga tetep cantik... 

Ada satu kekhawatiran ketika aku membuatkan baju untuk orang lain. Aku terlalu takut kalau orang yang memesan tidak menyukai hasil karyaku.

Selama ini, aku belum pernah mendapatkan kripik (Kritik) pedas dari pelanggan. Padahal, kritiknya selalu aku rindukan supaya aku bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Saya harap, teman-teman juga bisa mampir untuk memberikan kripik dan sarannya, hehehe ...


Sampai jumpa ...!
Cukup sampai di sini aja tulisan dari aku. semoga menginspirasi dan aku jadi rajin berbagi...


2 comments:

  1. Iya, manis kayak yang bikin. Multi talent nih, Mbak Rin. Apa aja bisa. 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... yang bikin mah nggak ada manis2nya mbak.... Bukan multi talent ah, karena aslinya kere, memaksa diriku jadi kereatif... wkwkwkwk

      Delete

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas