3F - Fict Feat Fact

Saturday, March 9, 2019

7 Jenis Bahan Kaos Yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber Ilustrasi : mallonlineindonesia.com
Hai teman-teman ...!
Ditulisan kali ini aku mau bahas soal kaos yang aku pakai hari ini. Kebetulan hari ini cuaca di Kaltim lagi panas-panasnya karena musim kemarau. Dan yang paling fatal, aku jalan keluar di siang hari yang terik pakai kaos berbahan TC (Teteron Cotton). Kebayang kan ya gimana panasnya dan gerahnya saat aku keluar siang hari pakai kaos itu.
Di siang bolong saat lagi panas, terutama untuk daerah tropis, harusnya aku jalan keluar rumah mengenakan kaos berbahan katun combed. Itu jauh lebih nyaman daripada mengenakan kaos berbahan TC. Karena katun combed bahannya dingin dan menyerap keringat, baik digunakan ketika siang hari. Terutama untuk daerah-daerah tropis seperti di Indonesia.
Nah, dari pengalaman aku kali ini, aku belajar untuk memilih bahan kaos sesuai dengan kebutuhan sehari-sehari kita. Hmm ... lebih tepatnya sesuai dengan kondisi di sekitar kita.
Nih, ada 7 bahan kaos oblong atau T-Shirt yang perlu kamu tahu agar kamu nggak salah memilih kain saat bepergian ke luar rumah.

1. Katun (Combed 20s, 24s, 30s)

Kain combed merupakan salah satu kain yang memiliki serat benang halus, nyaman, dingin dan menyerap keringat saat digunakan.
Kain katun combed dibuat dari 100% serat kapas murni yang dibedakan menjadi 3 bagian sesuai dengan jenis benang dan gramasinya (gr/m2). Ada katun combed 20s, 24s, dan 30s. Yang bikin tiga jenis kain ini beda adalah ketebalan dari kain tersebut. Kain combed 30s adalah jenis kain yang paling tipis sedangkan combed 20s merupakan jenis combed yang paling tebal. Biasanya para pelaku usaha distro akan memilih kain cotton combed 20s karena lebih tebal, sehingga tidak mudah melar dan sangat nyaman untuk digunakan.

2. Cardet (20s, 30s)

Kain cardet bisa dibilang sebagai KW 1-nya cotton combed. Karena harganya relatif murah, kain ini digunakan untuk menyasar pasar menengah ke bawah seperti seragan buruh, kaos oblong dan kaos pabrik.

3. Polyester Dan PE
konveksia.com

Kain plyester sangat panas ketika dikenakan. Sehingga kain ini kurang cocok buat kita yang tinggal di iklim tropis. Karena kita tidak akan nyaman saat menggunakan kain tersebut terutama di siang hari. Karena kain ini terbuat dari bahan ester (hasil sampingan minyak bumi yang digunakan sebagai pembuat serat fiberpoly).

4. TC (Teteron Cotton)
konveksia.com

Teteron Cotton merupakan hasil percampuran antara cotton dengan polyester dengan komposisi 35% cotton combed dan 65% polyester. Kain ini sulit menyerap keringat dan terasa panas. Namun , kain ini tidak mudah melar dan tahan kusut walau sudah lama digunakan.

5. Viscose (Rayon)
konveksia

Viscse atau Rayon memiliki tingkat kelembapan yang lebih tinggi dan warna yang lebih baik dibanding kapas. Serat viscose juga lebih lembut dari kapas. Kain ini jarang sekali tersedia di pasaran karena harganya yang lebih mahal dan terkesan mewah.

6. CVC (Cotton Viscose)
konveksia.com

Cotton Viscose mampu menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan dibanding bahan lain karena tingkat pebyusutan polanya (shrinkage) lebih kecil daripada katun.

7. Hyget (Spandek)
konveksia.com

Hyget terbuat dari plastik dan sangat tipis. Hyget biasanya digunakan untuk mencetak kaos dalam jumlah sangat besar dengan biaya yang kecil seperti pembuatan kaos partai untuk kampanye. Sebenarnya, karakteristik hyget tidak layak untuk dijadikan kaos.

Nah, ini dia 7 jenis bahan kaos yang biasa digunakan untuk membuat kaos oblong atau T-Shirt. Kamu perlu tahu jenis-jenis kain yang kamu beli agar sesuai dengan kondisi cuaca yang ada di lingkunganmu. Terlebih lagi buat kamu yang demen belanja online. Kamu harus bisa bedain mana bahan spandek dan rayon. Kalau tidak bisa bedain, bisa-bisa kamu salah beli karena cuma lihat di gambar doang.
Usahakan memilih bahan kaos yang tepat untuk kamu gunakan. Misalnya, di siang hari yang terik kamu mengenakan kaos berbahan combed 30s dan di malam hari yang dingin kamu mengenakan kaos dengan bahan TC atau PE.
Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman dan tidak salah pilih bahan kaos saat bepergian supaya tetap nyaman di perjalanan dan tidak membuat mood kamu rusak.
Terima kasiih ....
Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!



Sumber referensi : konveksia.com

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas