Tuesday, April 26, 2022

Mie Gelas untuk Arga



Pagi ini, matahari sudah meninggi. Aku bahkan belum menyelesaikan cucianku saat putera kecilku terbangun dari tidurnya.

Setiap bangun pagi, Putraku selalu meminta makanan atau minuman. Mungkin, perutnya terasa sangat lapar saat baru saja bangun dari tidurnya.

"Ma ...! Macak mie ...!" seru Arga kecil sambil menghampiriku.

"Mau makan mie?" tanyaku sambil menatap lembut wajah puteraku.

"He-em." Ia mengangguk. Tak sabar meminta aku memasakkan mie instan untuknya.

Hari ini masih bulan puasa. Tidak ada makanan lain yang kubuat di dapur selain nasi. Itu pun tidak banyak. Hanya masak satu gelas untuk aku sahur dan makan kedua anakku yang belum berpuasa.

Aku bergegas menuju dapur. Sayangnya, tidak ada mie instan yang bisa aku masak. Karena kesibukanku mengurus rumah sambil bekerja, membuat aku kerap lupa menyetok makanan untuk anak-anakku.

Aku bergegas meraih dompet yang aku letakkan di atas lemari dapur.

"Sial!" umpatku dalam hati. Di dompetku, hanya ada selembar uang dua puluh ribuan. Hanya tinggal ini saja sisa uangku dan harus aku bagi-bagi untuk keperluan lain.

Sebagai seorang penjahit kecil, penghasilanku tidak seberapa. Tidak setiap hari mendapatkan pelanggan, tidak setiap hari pula aku mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari-hari anakku.

Terkadang, aku masih harus pinjam uang pada adikku agar aku bisa membelikan sekaleng susu untuk Arga. Dia sangat suka susu cokelat. Dan dia tidak mau diberi susu formula meski rasa cokelat. Maybe, dia tahu kemampuan mamanya hanya bisa membelikan susu kaleng yang harganya cuma sepuluh ribuan.

Karena sisa uangku yang menipis dan tidak tahu kapan akan mendapatkan uang lagi, aku harus membagi uang dua pulih ribu ini untuk kebutuhan makan beberapa hari ke depan. Entah sampai kapan. Sampai aku bisa mendapatkan uang lagi dari hasil menjahit yang tidak bisa aku tentukan jumlahnya.

Akhirnya, aku memilih untuk membelikannya Mie Gelas saja. Kenapa? Karena harganya murah dari mie instan biasanya. Ini juga cukup untuk makan Arga karena aku selalu menambahkan nasi supaya dia bisa kenyang.

Di saat seperti ini, uang dua puluh ribu memanglah harus cukup untuk beberapa hari. Aku tidak begitu banyak keperluan. Semua keinginanku masih bisa aku tahan. Tapi kebutuhan anak-anakku, aku tidak mungkin tega menahannya. Setiap hari, aku masih bisa bersyukur karena bisa berbuka dengan segelas teh hangat dan dua butir kurma. Itu saja. Tidak banyak makanan yang aku beli saat Ramadan. Karena aku juga sedang berlatih menahan nafsu (keinginan) untuk memakan banyak makanan yang padw akhirnya lebih sering mubazir.

Kata orang, berkah bulan Ramadan adalah ketika kita makan sahur sedikit, berbuka puasa sedikit, tapi perut kita selalu kenyang dan tidak merasa sedang menjalankan ibadah puasa. Jauh berbeda dengan kondisi kita saat sedang tidak berpuasa.

Karena itulah aku bisa menjadi lebih berhemat pengeluaran. Tidak banyak biaya yang aku keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, uang dua puluh ribu ini pasti cukup untuk bertahan beberapa hari ke depan.
Aku belikan saja mie gelas untuk Arga supaya dia bisa tetap makan, bisa tetap kenyang dan tidak rewel karena tidak ada makanan lain yang bisa ia makan.

Sederhana saja, tapi itu sudah cukup membuatku bahagia. Setidaknya, aku tidak membiarkan anak-anakku kelaparan. Aku juga tidak takut kalau keluarga kecilku akan kelaparan karena aku percaya kalau Allah akan selalu ada untukku dan menolong anak-anakku.

Ramadan tahun lalu, ketakutan ini pernah membayangiku. Bagaimana jika aku tidak bisa memberikan makanan dan pakaian yang layak untuk anak-anakku? Bagaimaba jika aku tidak bisa memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas untuk anak-anakku kelak.

Sebab, semuanya harus aku tanggung dan pikul seorang diri. Hingga akhirnya Ramadan kali ini menjadi Ramadan pertama kali yang aku jalani bersama dengan dua anakku saja sebagai seorang single mom. 

Aku tidak sedih. Aku bahkan selalu tersenyum pada anak-anakku meski mereka hanya bisa makan dengan sesuap nasi dan garam, nasi dan kecap atau nasi dengan ikan asin. Rasanya, hidupku lebih berarti dan berharga. Setidaknya, tidak ada lagi belati yang menusukku dari belakang saat kedua tanganku sedang berdarah-darah memperjuangkan masa depan anak-anakku, memperjuangkan mereka agar bisa hidup layak dan diterima dengan baik di masyarakat. 

Aku sendiri sudah lelah dikucilkan, dihina dan dipandang sebelah mata karena terlahir dari keluarga miskin. Itulah sebabnya, aku tidak ingin anak-anakku juga dipandang sebelah mata oleh teman-teman sebayanya. Aku ingin, mereka bisa menjalani hidup normal, bersosialisasi dengan baik dan mendapatkan banyak cinta dari orang-orang di sekelilingnya.


Meski hari ini aku hanya bisa memberi makan mie gelas untuk Arga, tapi aku yakin kalau Tuhan akan memberi rezeki lain hingga bisa membuatnya merasakan nikmatnya makan daging.


Untuk para single mom yang sedang berjuang di luar sana, jangan menyerah!
Ingatlah! Anak-anak akan tetap bahagia bersama ibunya. Mereka akan tetap bahagia meski tidak pernah melihat ayahnya. Sebab, ibu juga bisa menjadi sosok ayah yang sempurna untuk anak-anaknya dalam memberikan kebutuhan dan kasih sayang. 

Be Strong!
Karena Mie Gelas untuk Arga ini adalah semangatku untuk bisa memberikan hal yang lebih baik lagi untuk esok hari.



Terima kasih sudah bersedia membaca ceritaku ...!
Jangan bersedih!
Karena aku menuliskan kisah ini dengan senyuman dan harapan yang lebih baik lagi di masa depan.



Much Love,


Rin Muna


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas