Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Monday, April 26, 2021

Biarkan Nama Desa Beringin Agung Abadi dalam Berkarya!



Mungkin, semua warga desa Beringin Agung masih ingat kasus pemberitaan negatif yang berhasil menjadi pencarian teratas di Google dengan kueri 'Desa Beringin Agung' tahun 2012.

Saat itu ... aku yang sudah bergabung dengan komunitas penulis nasional, merasa tertampar ketika mereka bertanya tentang tempat tinggalku seperti apa. Mereka mencari nama Desa Beringin Agung dan yang muncul di pencarian teratas adalah pemberitaan negatif.

So, saat itu juga aku mulai berpikir ... bagaimana caranya menghapus pemberitaan negatif itu dari media? Otomatis, aku tidak akan bisa melakukannya dan pemberitaan itu akan abadi di sana sampai 500 tahun ke depan selama internet masih ada.

Yang ada di kepalaku saat itu adalah ... bagaimana aku bisa memunculkan impresi positif ketika orang luar mencari tahu tentang Desa Beringin Agung. Aku ingin melakukan hal positif, menuliskan hal-hal positif yang bisa menutupi pemberitaan negatif tentang daerah tempat tinggalku.

Alhamdulillah ... tahun ini ... hampir semua peemberitaan yang muncul adalah positif. Berhasil menutupi pemberitaan negatif yang sudah tertulis sejak tahun 2012 dan abadi di pencarian teratas sampai tahun 2018. 

Ada banyak kegiatan positif di desa. Tapi tidak pernah tertulis. Sehingga yang abadi adalah yang ditulis dan dituliskan di sana.
Bayangkan jika tidak ada media yang mau ekspose kegiatan positif di desa kita ini?
Mungkin, sampai 50 tahun ke depan ... nama predator itu akan tetap abadi dan menjadi opening yang mencengangkan untuk desa kami.

Oleh sebab itu, jangan remehkan profesi seorang penulis. Kamu hanya perlu menghargainya dengan membaca saja. 
Sebab, penulislah yang menciptakan sebuah keabadian. Kita bisa mati besok, tapi tulisan kita tetap abadi sampai 500 tahun ke depan.

Banyak orang hebat di dunia ini ...
Tapi mereka hilang dari sejarah karena tak pernah dituliskan. Jika tidak ada yang menulis kisah tentangmu, tulislah kisah tentang dirimu sendiri. Tentang bagaimana kamu berjuang untuk keluargamu, untuk orang-orang di sekelilingmu dan untuk tempat tinggalmu.


Terima kasih untuk semuanya yang telah mendukung aku yang kecil ini sehingga bisa melakukan hal besar lewat tulisan.

Biarlah namaku abadi bersama tulisan-tulisan yang kurangkai untuk masa depan kelak...

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas