Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Thursday, August 13, 2020

Dapetin Apresiasi Pembaca dan Jutaan Rupiah dari Menulis Novel (Perfect Hero)

 

 
 
 
Hai ... hai ...!
Apa kabra? Eh, apa kabarnya nih?

Gimana hari kalian, semoga menyenangkan ya.

Saat aku nulis ini, ini adalah bulan keempat aku menulis novel Perfect Hero di Novelme.
 
Selama empat bulan ini, udah dapet aja sih dari Perfect Hero?
 
Hmm ... pastinya dapet banyak pengalaman di dunia kepenulisan, dapet banyak temen, dapet banyak pembaca dan pastinya dapet income yang lumayan (buat beli bombon anak) dari menulis novel.
Waktu aku dapet pendapatan bab berbayar di Novelme. Aku bener-bener nggak percaya. Iya, rasanya pengen melayang setinggi-tingginya. Tapi, keinginan itu harus aku urungkan karena aku nggak punya sayap. Masih takut jatoh, hehehe.
 
Berapa aja sih yang udah aku dapet dari novelme? Pasti pada nggak percaya ya kalau menulis novel bisa menghasilkan uang? Aku juga awalnya nggak percaya. Tapi, Novelme bener-bener ngasih pukulan besar buat aku saat aku bener-bener dapetin pendapatan dari bab berbayar.
 
Pembaca di Novelme juga cerdas-cerdas banget. Mereka bener-bener mengapresiasi penulis di Novelme. Mau beli bab berbayar yang harganya antara Rp 200 - Rp 400 tergantung jumlah kata dalam bab tersebut. Itu sebabnya, Novelme juga menuntut penulis untuk menghadirkan tulisan yang berkualitas sesuai dengan keinginan pembaca.
 
Kak, di Novelme cuma dihargai 200 perak doang per bab-nya? Kasian bener sih penulisnya, udah capek-capek nulis, mikir nyari ide, riset dan lain-lain. Dihargai cuma 200 perak atau 400 perak doang? Gini amat ya nasib penulis? Gimana mau maju?
 
Eits, tunggu dulu! 200 perak per bab itu emang nggak ada apa-apanya kok dibanding sama harga lipstik aku sebiji. Eh,  beli lipstik sebiji harga 150 ribu udah sama kayak beli 375 bab di Novelme. Di Novelme, harga segitu sudah mengapresiasi banget kok buat penulis. Karena, di platform lain aku sendiri susah banget dapetin income dari menulis novel. Bikin buku fisik, nggak ada yang beli. Sedih banget kan? Padahal udah keluar modal di awal buat cetak, belum lagi kalo promo-promo butuh transport dan lain-lain.
 
Alhamdulillah, aku dijodohkan dengan Novelme. Walau babnya emang murah banget kalo buat penulis. Kalo bikin buku fisik, biasanya harga 75ribu isinya sekitar 15 sampai 20 bab. Kalo yang tipis, nggak lebih dari 100rb kata, biasanya bisa dapet harga 50 ribuan. Artinya, buku fisik itu per babnya kena harga Rp 2000- Rp 4000. Sepuluh kali lipat dari harga bab yang ada di Novelme. Murah banget kan? Tapi, masih aja banyak protes dengan harga koin yang mahal. Padahal, 1 koin = 1 rupiah di Novelme.

Kalo aku nulis 100 bab di Novelme dengan harga 400 perak per bab. Aku cuma dapet 40 ribu dari satu orang yang berlangganan. Murah banget kan? Kapan makmurnya jadi penulis kalau nggak ada yang beli babnya.

Jangan nyerah dulu dengan hitung-hitungan di atas. Karena, kamu pasti akan menemukan pembaca yang bener-bener mengapresiasi karya kamu.

Awalnya, aku juga nggak dapet apa-apa dari menulis. Tapi, aku nggak patah semangat. Tetep belajar memperbaiki kualitas tulisan supaya layak. Layak di mata pembaca, juga layak di mata editor. Kalo soal kualitas buku, pastinya review dari editor lebih penting. Kayak komentar yang satu ini :

 

 

 

Komentar yang satu ini adalah salah satu  komentar  dari editor yang aku juga nggak kenal. Tapi, bener-bener memicu semangat aku buat bikin cerita yang lebih menarik dan lebih berkualitas lagi.

 

Enaknya nulis di Novelme, aku bisa konsultasi naskah sama editor. Editor juga sering banget sharing materi di media sosial. Juga bisa dihubungi lewat Whatsapp. Semua editornya ramah-ramah. Slow respon sih buat aku wajar karena penulis di Novelme buka cuma aku doang.

 

Selain bisa konsultasi sama editor yang baik hati dan dapet apresiasi dari pembaca yang keren-keren. Aku juga bisa dapet income dari Novelme. Mau tahu berapa aja income yang udah aku dapet dari novel Perfect Hero yang alhamdulillah udah masuk Top 5 Best Seller?

 

Sini, aku bisikin!

Jangan kasih tahu siapa-siapa ya! Ntar pada pengen kayak aku, hihihi.

 

 

 Di Bulan Mei 2020, aku dapet Extra Insentive karena udah masuk Top 10 Best Seller dan menulis lebih dari 100rb kata. Tentunya, ditambah juga dengan bonus rajin update setiap hari Rp 400.000, hadiah dari pembaca dan penjualan bab berbayar. Jumlah nilainya, bisa ditebak-tebak sendiri, deh. Hehehe.

Setiap bulannya, aku selalu dapet bonus Rp 400.000 karena rajin update minimal 1000 kata sehari. Nggak ada bolongnya.

Review di Novelme lama, Kak. Bikin bolong update? Yuk, jadi anak Ambassadorku! Aku kasih tipsnya biar bisa update terus setiap hari walau review dari Novelme lama. (Asal tidak mengandung kata terlarang dan tanda baca yang aneh-aneh, sebenarnya udah otomatis lolos review setelah 35 menit).


Di Bulan Juni, Extra Insentive aku meningkat karena berhasil masuk di TOP 5 Best Seller. Tentunya harus kerja keras buat dapetin ini karena menulis sampai 100 ribu kata sebulan itu nggak mudah. Kadang kalo mood lagi jelek, nggak dapet ide sama sekali.


Saat ini, Perfect Hero sudah masuk ke bulan ke empat dan menjadi Top 5 Best Seller. Tentunya, ini menjadi salah satu semangat terbesar aku karena di sini, kerja keras aku benar-benar dihargai sama pembaca.

Sampai saat ini, Perfect Hero sudah dibaca sebanyak 3.6 Juta kali di Novelme dengan pendapatan bab berbayar antara 10 ribu - 100 ribu perharinya (tergantung jumlah pembaca).

 

Semakin ke sini, tentunya semakin tertantang untuk membuat webnovel yang ceritanya ratusan bahkan ribuan episode. So, buat kamu yang biasa baca novel singkat, pasti akan kaget dengan webnovel yang mengandung ratusan bahkan ribuan bab. Awalnya, aku juga nggak ngeh bedanya webnovel dan novel. Sekarang, udah mulai memahami. Jadi, kayak Harry Potter gitu, ada seri 1 sampai seri 7. Bedanya, webnovel mah berlanjut aja gitu. Gak pake berseri-seri. Eh, ada juga sih yang bikin sekuel dan triloginya gitu. Suka-suka penulisnya deh. Kalo aku, lebih memilih untuk bikin dalam satu buku aja sih. Hehehe.


Buat kamu yang masih ragu-ragu buat nulis di Novelme, buang aja keraguan kamu atau nggak perlu mencoba sama sekali. Itu lebih baik daripada ujung-ujungnya kamu bikin hate speech karena salah paham atau belum bener-bener ngerti teknisnya seperti apa.

Kalau pengen gabung di Novelme dan bisa dapetin 400 ribu setiap bulannya. Gabung aja di Grup Ambassador aku, aku bakal kasih tips n trick supaya kamu bisa dapetin income dari Novelme. Asal mau konsisten dan kerja keras, platform dan pembaca akan menghargai penulis. Seperti slogan dari Novelme: Penulis sayang Pembaca, Pembaca sayang Penulis, Novelme Sayang Penulis.

Tentunya, penulis juga sayang banget sama Novelme karena udah dikasih penghargaan yang ... mmh ... aku bingung mau ngungkapinnya dengan kata apa yang lebih-lebih-lebih lagi dari kata 'Amazing'.


Sampai di sini dulu catatan kecil dari pengalaman aku ya! Semoga bisa menginspirasi untuk terus berkarya.


Gabung di Ambassadorku, bisa chat nomor WA yang aku pasang di flyer web ini.


Salam manis selalu.

Salam hangat dan semangat berkarya.


Vella Nine a.k.a Rin Muna





0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas