Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Tuesday, June 2, 2020

Cara Asyik Jadi Penulis Produktif


Hai ... hai ... hai ...!
Apa kabra? Eh, apa kabar?

Tau nggak sih, hari ini tuh alu kesel banget, soalnya hari ini aku cuma bisa nulis 1 bab novel dan 1 artikel buat blog aku.
Biasanya, aku nulis minimal 3.000 kata dalam sehari walau aku banyak kegiatan dan kesibukan.

Entah kenapa, aku ngerasa nulis itu udah kayak narkoba, bikin candu. Hihihi ...

Kalau kata temen penulis yang lain, aku termasuk salah satu penulis yang produktif. Mmh ... aku nggak ngerti ukuran penulis produktif itu seperti apa. Yang jelas, aku memang lebih suka menghabiskan waktuku duduk santai sambil nulis.

Kayak yang lagi aku lakuin sekarang, aku nulis tulisan ini sambil ngajarin Livia belajar mewarnai karena dia masih pendidikan PAUD (Kelompok Bermain).
Walau masih berusia 5 tahun, Livia sangat mengerti kegiatan mamanya sebagai seorang penulis novel. Ia tidak pernah mengganggu saat mamanya sedang menulis di laptop atau pun di hape.

Saat ini, aku sering menghabiskan waktu luangku untuk menulis sebuah webnovel. Yah, karena tuntutan dari pembaca, saat ini aku memang kejar tayang terus. Aku harus menulis minimal 3.000 kata dalam sehari untuk satu webnovelku. Belum lagi menulis artikel atau sekedar curhat di blog ku. Hahaha ...

Karena setiap hari aku memang selalu menghasilkan tulisan, aku sering dijuluki sebagai penulis produktif. Yah, cita-citanya memang pengen bisa konsisten dan produktif menulis sih.

Terus, gimana sih caranya biar kita tuh bisa jadi penulis produktif?
Kadang, kegiatan keseharian kita jadi alasan buat nggak nulis sepatah kata pun. Padahal, kalau nulis status di sosmed, rajin banget loh.

Nah, kali ini aku mau berbagi tips ke kalian, gimana caranya jadi penulis yang produktif.
Simak di bawah ini ya!



1. Nulis kapan pun, di mana pun

Saat aku ada waktu luang, bisa aku gunakan untuk menulis. Tak peduli kapan pun dan di mana pun. Aku nggak punya jam tertentu untuk menulis karena kesibukan aku yang padat banget. Jadi, aku memanfaat waktu kapan pun dan di mana pun untuk menulis. Kadang, di sela-sela menjahit, aku selalu menyempatkan untuk menulis saat istirahat. Atau sebaliknya, saat nulis dan butuh ide, biasanya aku cari kegiatan lain dulu.

Aku juga sering banget nulis di sela-sela acara pertemuan atau rapat. Saat ada waktu untuk istirahat, aku selalu menggunakannya untuk menulis. Maybe, orang-orang akan menilai aku sombong atau introvert banget. Yah, karena aku memang lebih suka ngabisin waktu luangku buat nulis daripada gosipin kehidupan orang lain. 
Kalau mau produktif, bisa nulis kapan aja dan di mana aja. Asalkan ponsel kamu tetep on, kamu bisa mencurahkan isi hatimu di mana saja.

2. Segera mencatat ide

Ide, kadang datangnya di saat yang tak terduga.
Yah, kadang kita sampai uring-uringan nyari ide tapi nggak ketemu. Eh, pas lagi asyik nongkrong di toilet, tiba-tiba aja ide berseliweran di atas kepala. Ngeselin banget kan?
Nah, karena ide itu datengnya tak terduga. Aku perlu mencatat ide yang tiba-tiba muncul. Jangan sampai, ide yang udah berseliweran itu nggak ada yang bisa kita tangkap satu pun. Kudu langsung ditulis tuh ide biar nggak nguap gitu aja.

3. Manfaatkan Media Sosial sebagai sumber Motivasi

Nah, buat kamu yang suka main-main sosmed nih. Bisa banget manfaatin media sosial buat jadi sumber motivasi. Karena di media sosial ada banyak banget penulis yang memotivasi. Yang lebih efektif adalah motivasi dari pembaca. Gunakan media sosial untuk mempromosikan tulisanmu dan mendapatkan motivasi dari pembaca kita. Kritik baik dan buruk menjadikan kita semakin termotivasi lagi loh.


4. Kumpulkan Inspirasi

Setiap hal yang ada di sekitar kita bisa menjadi inspirasi loh. Bahkan rumput yang bergoyang aja bisa jadi inspirasi. Perubahan cuaca juga bisa menjadi inspirasi untuk menulis.
So, kumpulin aja inspirasi sebanyak-banyaknya. Bisa dengan berjalan-jalan, menonton film, baca buku atau mendengarkan curhatan teman kita.

Nah, inilah tips menjadi penulis produktif yang bisa aku share ke kamu.
Semoga bermanfaat dan tetap menulis setiap hari ya!


Jangan lupa, baca webnovel "THEN LOVE" dan "PERFECR HERO" hanya di aplikasi Novelme.

Buat yang pengen join jadi penulis di Novelme, bisa chat aku di WA : 085349625400.
Aku bakal bimbing kamu sampai bisa terbitkan novel di Novelme.
Karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapetin dengan menjadi penulis di Novelme.




2 comments:

  1. Ah... So sweet ibu yg satu ini. Bimbing aku, dong 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk... sini Kang, mau dibimbing ke mana? hahaha

      Delete

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas