Blog ini menceritakan tentang Kehidupan yang aku jalani. Keseharian yang ada dalam hidupku. Tentang cinta, tentang perjuangan dan pengorbanan, tentang rasa sakit dan tentang orang-orang yang ada di dalam kehidupanku. Tentang Desa Kecil dan gadis kecil yang mengabdikan hidupnya untuk masyarakat sekitar.

Wednesday, February 12, 2020

MATERI DASAR POKJA III


MATERI DASAR POKJA III
Pokja III mengelola program Pangan,Sandang,Perumahan dan Tata LaksanaRumah Tangga.
A.    TUGAS :
1.      Mengupayakan ketahanan keluarga di bidang pangan sesuai dengan UU No.7 Tahun 1996 tentang Pangan.
2.      Meningkatkan penganekaragaman tanaman pangan dalam upaya peningkatan gizi keluarga menuju keluarga yang berkualitas.
3.      Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang Beragam,Bergizi Seimbang,dan Aman ( B2SA ),yang aman dan berbasis sumber daya lokal.
4.      Mengusahakan pemanfaatan lahan baik darat maupun air,minimal untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.
5.      Berperan dan membantu dalam program Cadangan Pangan Masyarakat.
6.      Memantapkan Gerakan Halaman,Asri,Teratur,Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK
7.      Memanfaatkan Teknologi  Tepat Guna (TTG) dalam upaya meringankan beban kerja sehingga hasilnya lebih efektif dan efisien.
8.      Membudayakan Aku Cinta Makanan Indonesia dan Aku Cinta Produksi Indonesia sehingga menuenumbuhkan rasa bangga.
9.      Mensosialisasikan pola pangan 3B untuk keluarga khususnya bagi balita dan lansia.
10.  Meningkatkan penggunaan bahan sandng dalam negeri serta mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produksi dan pemasarannya.
11.  Mengembangkan kreatifitas Usaha Kecil Mikro (UKM) dengan berbagai produk busana,cinderamata khas daerah untuk menunjang pariwisata.
12.  Mendorong terciptanya lapangan/kesempatan kerja di bidang jasa,sandang,pangan, dan perumaha.
13.  Memasyarakatkan rumah sehat dan layak huni sebagai upaya terwujudnya kualitas hidup keluarga.
14.  Memanfaatkan pemahaman tentang fungsi rumah sebagai tempat tumbuh kembang keluarga harminis.
15.  Meningkatkan jalinan kerjasama dengan institusi terkait.
16.  Melaksanakan PMT-AS(Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah)terkoordinasi dan terpadu.
17.  Sosialisasi program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makanan Ikan (GEMARIKAN)dalam rangka mencerdaskan bangsa.
18.  Melaksanakan Program Nasional Gerakan Perempuan,Tanam,Tebar dan Pelihara Pohon untuk mengantisipasi perubahan iklim yang berdampak pada ketahanan pangan keluarga.
19.  Menjaga kelestarian hutan.
B.     PRIORITAS PROGRAM
1.      Pangan:
a.      Mewujudkan Ketahanan Pangan Keluarga melalui penganekaragaman pangan yang bergizi sesuai potensi daerah.
b.       Peningkatan pangan keluarga sehari-hari dengan mendorong terciptanya sikap dan perilaku masyarakat melalui penganekaragaman makanan dengan menerapkan pola pangan 3B(beragam,bergizi,berimbang)sesuai potensi daerah.
c.       Mewaspadai terjadinya keracunan pangan,mulai dari menanam,memilih,mengolah sampai terhidangnya makanan,menghindari bahan tambahan makanan yang berbahaya,antara lain:zat pewarna,bahan pengawet,produk kadaluwarsa,dan penggunaan pestisida.
d.      Meminimalkan budaya/tradisi pangan yang merugikan kesehatan misalnya orang hamil/balita banyak pantang makanan.
e.      Mengoptimalkan HATINYA PKK dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/keras (bernilai ekonomis tinggi),minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga(TOGA).
f.        Mengembangkan industri pangan rumah tangga dan mengadakan penyuluhan,orientasi dan pelatihan untuk menunjang pemasaran.
g.      Mengadakan lomba masak secara berjenjang guna meningkatkan kreativitas cipta makanan.
h.      Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna(TTG)untuk menunjang usaha agrobisnis,hortikultura,tanaman buah,perikanan,peternak dan lain-lain untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi dalam mencapai taraf hidup dan kesejahteraan keluarga.
i.        Menyempurnakan dan sosialisasi buku peran PKK Dalam Mendukung Gerakan Percepatan Keanekaragaman Konsumsi Pangan.
2.      Sandang :
a.      Mengupayakan adanya hak paten untuk melindungi hak cipta desain.
b.      Mengupayakan keikutsertaan dalam pameran dalam pameran dan lomba baik tingkat lokal,nasional dan internasional.
c.       Mengadakan kerja sama dengan para desainer,pengusaha,industri sandang dan pariwisata.
d.      Membudayakan masyarakat perilaku berbusana sesuai dengan  moral budaya Indonesia dan meningkatkan kesadaran masyarakat mencintai produksi dalam negeri (Aku Cinta Produksi Indonesia).
3.      Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga:
a.      Menumbuh kembangkan kembali Program Pemugaran Perumahan dan Lingkungan Desa Terpadu ( P2LDT ) melalui pemugaran rumah layak huni terutama keluarga miskin dan pengungsi dengan azas Tri Bina ( Bina usaha,Bina manusia dan Bina lingkungan ),gotong royong serta mengupayakan bantuan dari instansi/dinas terkait,bank,swasta,dan masyarakat.
b.      Meningkatkan pemasyarakatan tentang perumahan sehat dan layak huni serta menumbuhkan kesadaran akan bahaya bertempat tinggal di daerah tegangan listrik tinggi,bantaran sungai,timbunan sampah,tepian jalan rel kereta api dan menumbuhkan kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah dan tanah.
c.       Pemasyarakatan dan pemanfaatan TTG dalam rumah tangga,sarana dan prasarana perumahan serta hemat energi dan mencegah pemborosan.
d.      Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang tata laksana rumah tangga dalam mengharmoniskan dan membahagiakan kehidupan keluarga.
e.      Meningkatkan penerapan pola hidup/perilaku bagi penghuni rumah susun.          




HATINYA PKK
Pengertian
                HATINYA PKK merupakan suatu gerakan masyarakat dengan memanfaatkan halaman disekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif/keras (bernilai ekonomis tinggi),minimal untuk memenuhi keperluan dan tabungan keluarga serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga( TOGA), tanaman hias yang berfungsi untukkeindahan dan kenyamanan rumah.

HATINYA PKK dapat terwujud melalui sarana gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan Tanaman Pangan yang Produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomis tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan.

Pemanfaatan halaman rumah
Halaman atau pekarangan disekitar rumah merupakan sebidang tanah yang mudah diusahakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemenuhan gizi melalui perbaikan menu keluarga.Halaman bisa difungsikan sebagai Lumbung Hidup,Warung Hidup,atau Apotik Hidup.
Halaman yang dikelola melalui pendekatan terpadu dengan berbagai jenis tanaman,ternak,dan ikan.Sehingga menjamin ketersediaan bahan pangan yang beranekaragam secara terus menerus,guna pemenuhan gizi keluarga yang dapat berupa :
1.      Lumbung hidup,yaitu pekarangan yang ditanami dengan tanaman yang mengandung karbohidrat (umbi-umbian,jagung,dll)secara segar.
2.      Warung hidup,sebagian dari lahan pekarangan dapat ditanami sayur-sayuran dan buah-buahan yang dapat kita manfaatkan setiap hari.
3.      Apotek hidup,sebagian pekarangan dapat ditanami tanaman Toga yang sewaktu-waktu dapat diperlukan sebagai pertolongan pertama apabila sakit.
4.      Peternakan,sebagian halaman dimanfaatkan untuk berternak kelinci dan unggas.
5.      Perikanan,sebagian halaman dimanfaatkan untuk budidaya ikan (lele,gurami,nila,dll).
6.      Tabungan ,sebagian halamanditanami dengan tanaman bernilai ekonomi tinggi seperti kayu jati,kelapa,sengon,dll.

Peran TP PKK
Adapun peran pengurus PKK terutama kelompok dasawisma sangat penting dalam mewujudkan HATINYA PKK seperti :
1.      Mengadakan penyuluhan dalam kegiatan dan pertemuan PKK,baik dari tingkat Kecamatan,Desa,kelompok dalam upaya peningkatan rumah kurang sehat menjadi rumah sehat.
2.      Mengadakan pendataan rumah sehat dan kurang sehat.
3.      Meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan kepada warga masyarakat sehingga tercipta HATINYA PKK dalam peningkatan Rumah sehat.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas