Blog ini menceritakan tentang Kehidupan yang aku jalani. Keseharian yang ada dalam hidupku. Tentang cinta, tentang perjuangan dan pengorbanan, tentang rasa sakit dan tentang orang-orang yang ada di dalam kehidupanku. Tentang Desa Kecil dan gadis kecil yang mengabdikan hidupnya untuk masyarakat sekitar.

Saturday, June 29, 2019

Remaja yang Mempertanyakan Masa Depan

Pixabay.com

Membicarakan dunia remaja memang tidak akan ada habisnya. Dunia remaja adalah dunia yang asyik untuk dibahas dengan beragam permasalahannya. Salah satunya adalah tentang bagaimana remaja memikirkan masa depannya. Tentu banyak anak remaja yang kerap mempertanyakan masa depannya ketika ia mulai memasuki dunia remaja.

Remaja seringkali mempertanyakan apa yang akan mereka lakukan dalam kehidupannya terlebih menyangkut soal pekerjaan. Banyak remaja yang bertanya pada dirinya sendiri apakah di masa depan dia akan kuliah, bekerja atau masuk ke dalam dunia militer.

Banyak remaja yang bingung mempertanyakan masa depannya akan bahagia atau tidak, bisa memberikan kontribusi besar atau tidak dan di mana mereka akan memperoleh tempat yang nyaman sesuai dengan minat dan pemikiran mereka. Tentunya remaja harus memahami bahwa pilihan-pilihan yang ia buat akan menuntunnya ke suatu tempat.

Ketika remaja memilih untuk kuliah, tentu ia sedang dalam proses menuju ke suatu tempat yang memiliki makna lebih jauh dan lebih dalam dari sekedar dunia pendidikan. Anak-anak dengan pemikiran ini biasanya bisa lebih sukses dan cerdas dalam menghadapi setiap persoalan hidupnya.

Ada remaja yang memilih bekerja dengan dalih memenuhi kebutuhan keluarga atau tidak ingin menyusahkan keluarga karena faktor ekonomi.

Ada pula remaja yang memilih untuk menikah karena tidak tahu apa yang harus ia lakukan di masa depan. Baginya, menikah adalah pilihan paling mudah dan menjadi ibu rumah tangga di usia muda adalah hal yang biasa. Walau banyak pernikahan muda yang justru berakhir dengan perceraian.


Sebagai orang tua yang ingin membantu anak remajanya akan menceritakan sesuatu tentang pergumulan mereka, kekecewaan mereka dan juga sukacita mereka sendiri. Sebagai orang tua kita tidak bisa memberikan jawaban atau tanggapan yang asal-asalan, kita harus bisa mendorong anak remaja kita untuk mencari jawabannya dan mungkin memperkenalkannya kepada orang-orang dari bermacam bidang pekerjaan untuk menceritakan tentang pengalaman hidup mereka atau biasa disebut sebagai inspirator.

Sebagai orang tua hendaknya kita bisa mendorong anak remaja untuk mengikuti teladan yang baik. Dan tokoh teladan paling baik di dunia ialah Nabi Muhammad SAW. Anak-anak remaja akil balik akan lebih terarah hidupnya ketika orang tua bisa menghadirkan atau menceritakan sosok yang mampu menginspirasi hidup mereka.

Pria dan wanita yang memberikan dampak besar dalam sejarah manusia adalah mereka yang merasakan panggilan Illahi dan yang mengamalkan panggilan tersebut dalam berbagai kegiatan sehari-hari dan pekerjaan mereka.

Permasalahan di atas adalah permasalahan yang dihadapi oleh hampir semua remaja di dunia dari semua generasi. Tetapi, remaja modern hidup di dunia yang sangat berbeda dengan remaja pada masa lampau dan pastinya jauh berbeda dengan kehidupan orang tuanya saat remaja.




Sumber Referensi : Buku The Five Love Languages of Teenagers, Gary Chapman

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas