Blog ini menceritakan tentang Kehidupan yang aku jalani. Keseharian yang ada dalam hidupku. Tentang cinta, tentang perjuangan dan pengorbanan, tentang rasa sakit dan tentang orang-orang yang ada di dalam kehidupanku. Tentang Desa Kecil dan gadis kecil yang mengabdikan hidupnya untuk masyarakat sekitar.

Monday, February 25, 2019

Spot Kampung Seni LADAYA - Kutai Kartanegara

Dok. Pribadi
Hai ... teman-teman!
Sebelumnya aku udah mengulas tentang spot wisata di Ladaya yakni Odah Rehat 2 - Jalan-Jalan Ke Ladaya yang setiap bagunannya diberi nama-nama daerah yang ada di Kutai Kartanegara. [Abaikan wajah aku yang jelek dan kucel banget!]

Nah ... fotoku kali ini, aku ada di spot Kampung Seni. Kampung Seni berada di sebelah kanan pintu masuk LADAYA. Di tengah-tengahnya ada sebuah Stage atau panggung yang unik. Terlihat dari gambar background yang digunakan, ada perpaduan antara kebudayaan Jawa dan Kalimantan. Di atasnya, terukir wayang-wayang Jawa yang langsung dipadukan dengan ukiran motif dayak Kalimantan. Ini menjadi bukti bahwa di Kalimantan terdapat banyak adat istiadat dan budaya daerah lain yang saling berdampingan dan menjadi satu kesatuan yang unik dan indah. Orang Kalimantan itu ramah dan welcome banget dengan masyarakat suku lain. Terlihat bagaimana ragam suku, adat-istiadat dan budaya menyatu di sini.

Kampung Seni juga nggak kalah unik dan keren dari Odah Rehat. Di sini, setiap bangunannya diberi nama seniman-seniman maestro Indonesial. Buat para pecinta seni, nama I Wayan Sadra atau WS. Rendra pastinya sudah tidak asing lagi.


Rumah-rumah adat ini dibangun lebih tinggi daripada bangunan rumah adat yang lainnya dan seperti dibangun di atas pohon. Kita harus menaiki tangga untuk bisa naik ke atas. Semuanya terbuat dari bahan kayu ulin. Di bawah tangga tersebut terdapat replika dua telapak kaki yang terbuat dari semen. Aku rasa, telapak kaki ini ada filosofinya karena aku temui juga di antara replika air terjun dan Yupa yang berada tak jauh dari Kampung Seni.



Dok. Pribadi

Berwisata di tempat ini, nggak bakal ada bosennya. Semuanya ada di sini. Mulai dari pertunjukkan seni & budaya, tempat bersejarah, mainan anak-anak, wisata fauna dan lain-lain. 

Buat kamu yang suka foto-foto selfie, tempat ini udah instagramable banget! Wajib buat dikunjungi.Belum ke Tenggarong namanya kalau belum mampir ke tempat wisata yang satu ini. 

Kamu juga bisa merasakan sensasi menginap di tempat ini. Aku belum pernah mencobanya karena jarak dengan rumah nggak begitu jauh. Aku rasa nggak perlu menginap. 

Tempat ini udah lengkap banget kok. Nggak perlu takut kelaparan, semua jajanan dan minuman juga ada di sini. Kita juga tidak dilarang membawa makanan atau minuman dari luar. Yang terpenting, kita tetap menjaga kebersihan tempat ini dengan membuang sampah pada tempatnya. Pengelola sudah menyediakan tempat sampah di setiap spot pemberhentian atau tempat santai. Jadi, kalau ada yang masih buang sampahnya sembarangan, kebangetan banget kan!

Yuk, kita cintai dan lestarikan wisata budaya di daerah kita tercinta!
Kalau bukan kita? Siapa lagi?


Salam Lestari ...!


Lokasi: Jln. Bachrin, Jl. H.Djafar Seman, Mangkurawang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75513, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas