Berbagi Cerita Hidup, Berbagi Inspirasi

Wednesday, February 20, 2019

5 Situs Marketplace Populer Yang Cocok Untuk Bisnis Anda





1. Bukalapak
Google Image

Bukalapak merupakan hasil marketplace buatan anak negeri. Pendirinya ialah Achmad Zaky (Tahun 2010). Model bisnis ini juga mengusung konsep Consumer to Consumer ( C2C).
Awalnya, Bukalapak memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. Terutama modus penipuan karena transaksi dilakukan langsung dari pedagang ke konsumen. Sehingga, menjadi kendala bagi beberapa konsumen yang berada di luar pulau.
Bukalapak terus berinovasi dan kini bisa dibilang menjadi salah satu marketplace terbaik dengan kredibilitas yang baik juga. Transaksi di Bukalapak dijamin aman karena kini setiap pembayaran menggunakan rekening resmi Bukalapak. Verifikasi pelapaknya pun sudah detil dan lengkap sehingga meminimalisir para oknum pedagang nakal yang membuat akun-akun palsu untuk penipuan. Pokoknya, belanja di Bukalapak aman dan nyaman. Juga banyak program-program seru berhadiah yang menarik minat konsumennya.

2. Shopee
logos.wikia.com

Shopee menjadi salah satu marketplace favorite karena mengusung program gratis ongkir. Pengunjung Shopee naik signifikan dan membuat shopee menjadi salah satu marketplace favorite bagi para pembeli dan pedagang online. Gratis ongkir tentunya menjadi hal yang paling disukai oleh para pecinta online shop.

3. Tokopedia
Google Image

Tokopedia merupakan salah satu marketplace favorite bagi beberapa pengguna. Alasannya, situsnya ringan ketika dibuka. Mudah mendapatkan akses barang. Menu yang ada juga tidak membingungkan. Pendaftaran sangat mudah dan aman. Aplikasi untuk penjual dan pembeli dibuat terpisah. Bagi para penjual online, upload foto di tokopedia sangat mudah karena bisa import foto langsung dari instagram. Sehingga akun marketplace dan akun media sosial bisa terkoneksi dengan baik. Sejak awal berdiri, Tokopedia berperan sebagai jembatan antara penjual dan pembeli. Penjual tidak akan menerima bayaran (pending dana) sebelum pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima dengan baik. Sehingga, Tokopedia merupakan tempat yang aman untuk transaksi jaul beli.

4. Lazada
Google Image



Lazada merupakan perusahaan retail online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari perlengkapan bayi hingga barang elektronik. Keunggulan dari Lazada sendiri, konsumen bisa COD dan mengecek barang terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran. Bagi para penggemar gadget / barang elektronik dan tidak mau repot pergi keluar rumah, Lazada bisa menjadi salah satu marketplace pilihan karena bisa mengecek kondisi barang di rumah.

5. Facebook Ads 
Google Image


Facebook Ads baru populer beberapa tahun terakhir ini. Facebook Ads merupakan bagian dari Facebook. Facebook yang merupakan platform media sosial, ikut menghadirkan marketplace di dalam platformya. Hal ini tentunya sangat efektif bagi para pengguna facebook karena rata-rata masyarakat Indonesia menggunakan facebook. Menggunakan Facebook Ads  dikenakan biaya sesuai dengan target pengunjung pada iklan kita. Semakin besar biaya yang dikeluarkan, maka semakin banyak target pengunjung yang tercapai. Semakin berkembangnya media sosial Facebook, mereka juga terus berinovasi, berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik. Facebook yang awalnya adalah sosial media, lambat laun berubah menjadi platform marketplace rasa media sosial atau media sosial rasa marketplace.




2 comments:

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas