Thursday, April 7, 2022

FIZZO : Aplikasi Baca Terbaik yang Jadi Favorite Pembaca dan Penulis

 




Fizzo adalah salah satu platform baca-tulis yang saat ini menjadi favorite pembaca dan penulis karena memberikan keuntungan lebih. 
Pembaca disuguhkan oleh bacaan gratis sampai tamat dan penulis tetap mendapatkan penghasilan karena karyanya dikontrak dan dibayar oleh platform tersebut.
Platform/aplikasi yang diluncurkan pada 26 April 2021 sudah diunduh sebanyak 5juta lebih pengguna hanya dalam kurun waktu 1 tahun. Platform ini termasuk platform yang berani membayar mahal penulis di awal dan pembaca tetap bisa mengakses bacaan secara gratis.
Kenapa saya bilang berani? Karena tidak semua platform memiliki keberanian seperti ini. Bisa dibilang, Fizzo adalah sebuah aplikasi besar yang diluncurkan oleh Poligon (Developer) di bawah naungan perusahaan ByteDance. Semua orang tahu bahwa ByteDance adalah sebuah perusahaan besar yang meluncurkan aplikasi TikTok pada 7 Mei 2017 dan sudah didownload oleh lebih dari 500 juta pengguna internet di dunia.

Masih belum mengerti, kenapa perusahaan kelas kakap seperti ByteDance memilih untuk meluncurkan platform baca di saat aplikasi video kreatifnya sudah sangat mendunia.

Fizzo juga diperkirakan akan menjadi platform baca nomor 1 di dunia yang menghadirkan banyak bacaan berkualitas secara gratis dan tetap menghargai penulisnya.

Fizzo memiliki banyak penawaran untuk penulis baru. Hingga Maret 2022, Fizzo menarik banyak penulis berpotensi untuk bergabung dengan platform ini agar semakin banyak orang yang mendownload aplikasi ini. Termasuk saya yang sudah menandatangani kontrak dengan Fizzo pada Desember 2021 dan merilis satu buah novel berjudul "Suami untuk Istri" pada Januari 2022.

Fizzo berani membayar beberapa penulis berpotensi dengan perhitungan Basic Fee sebesar 4$-20$ tergantung kualitas bacaan dan massa yang bisa ditarik oleh penulis itu untuk menggunakan aplikasi ini. Selain Basic Fee, penulis dengan kontrak ekslusif juga masih diberikan bonus daily 150$ untuk minimum update 60.000 kata dalam 1 bulan. Bonus daily tentu hanya bisa didapatkan untuk kamu yang rajin update setiap harinya. 
Selain bonus daily, ada bonus apa lagi? 
Ada banyak.
Ada bonus sign fee senilai 50% apabila kamu berhasil menandatangani kontrak pertama kamu. Kemudian, ada bonus pembagian hasil iklan yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan jumlah penayangan novel kamu.
So, berminat nulis di Fizzo?
But, April 2022 ini ... peraturan Fizzo sudah berubah banyak. Apa aja yang berubah? Nanti aku ulas di artikel selanjutnya kalau kalian mau.

Soalnya, aku mau bahas yang lain lagi. Yaitu, keuntungan pembaca yang membaca di aplikasi ini.
Untuk pembaca yang suka dengan novel gratis berkualitas, Fizzo adalah tempat yang paling tepat. Kenapa? Karena aplikasi ini benar-benar memberikan akses bacaan gratis ke pengguna dengan tampilan yang nyaman banget. Selain itu, kamu bisa gunakan audiobook-nya secara otomatis untuk mendengarkan novel. Buat emak-emak yang sering repot, bisa banget baca lewat audibook dan tetep asyik. Selain itu, novel ini juga bisa dibaca secara offline saat kamu sudah mengunduhnya. Asyik banget, kan?

Fitur di aplikasi ini juga mudah digunakan dengan tampilan yang nyaman dan dinamis. Rata-rata, pembaca novel adalah orang-orang yang berusia di atas dua puluh tahun. Sehingga, mereka menginginkan fitur yang nyaman di mata. Tidak terlalu banyak menu atau gambar-gambar yang mengganggu konsentrasi baca dan tetap nyaman. Fizzo, memberikan ruang untuk membaca dengan nyaman seperti sedang membaca buku sungguhan.
Selain itu, Fizzo juga sudah menghadirkan fitur pop-up notifikasi setiap kali novel favorite yang udah kamu masukin rak itu melakukan update karya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir ketinggalan cerita dari author kesayangan kamu. Karena, notifikasi akan langsung muncul dan author tetep bisa fokus berkarya tanpa terdistraksi oleh hal-hal kecil, seperti harus memberikan announcement tentang novelnya yang baru di-update.

Itulah keuntungan penulis dan pembaca di aplikasi Fizzo. 
Kalau kamu bagian dari mana, nih? Pembaca, penulis atau pembaca yang jadi calon penulis?

Share pengalaman kamu di Fizzo dan diskusikan di kolom komentar ini, ya!


Much Love,

Rin Muna




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas