Saturday, March 12, 2022

Kenangan Bersama Ibu Rullyta Aminudin [Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Masa Kini]


 


 

Hai, guys ...!

Kali ini aku mau cerita sesuatu yang penting banget buat kalian semua.

Jangan di-skip bacanya biar kalian tahu tentang makna hidup dan sosok pahlawan di sekelilingmu! Karena kali ini aku mau cerita tentang sosok pahlawan yang ada sekitar kita. Karena lagi ada Kontes Blog Super Bercerita ke IV dari Aplikasi Super yang akan mengangkat tema tentang sosok pahlawan yang inspiratif di sekitar kita.

Menurutmu, pahlawan itu apa sih? Siapa nih yang udah punya sosok pahlawan dalam hidupmu?”

Kalau menurut KBBI, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran.

Orang yang disebut pahlawan sudah pasti memiliki nilai-nilai kepahlawanan. Ada lima nilai-nilai kepahlawanan yang dimiliki oleh seorang pahlawan yakni; rela berkorban, mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi, pantang mundur, cinta tanah air, dan, ikhlas dan tanpa pamrih.

Nah, kali ini aku bakal cerita tentang sosok pahlawan yang punya arti dan mempengaruhi hidupku. Biasanya, aku selalu menempatkan ibu sebagai pahlawan nomor satu dalam hidupku. But, kali ini aku akan menuliskan tentang sosok pahlawan lain di sekitarku. Semua orang yang telah membantuku, mereka adalah sosok pahlawan. Aku tidak akan pernah melupakan jasa-jasa mereka.

Dan kali ini, aku ingin memperkenalkan seorang wanita yang telah memberikan banyak pelajaran hidup dan juga berperan mengubah hidupku.

Ibu Rullyta Aminudin adalah sosok wanita yang begitu menginspirasi bagi saya. Karena beliau telah memberikan banyak pelajaran hidup, telah memberikan akses menuju satu kata “sukses” dalam hidup saya. Membangun sebuah kepercayaan diri yang tidak pernah saya miliki sebagai orang kampung.

Pada akhir tahun 2017, Tuhan menentukan takdir saya untuk bertemu dengan sosok wanita baik hati ini di salah satu pameran seni yang diadakan oleh kota Balikpapan. Saat itu, saya langsung tertarik dengan lapak buku yang beliau gelar di tempat tersebut. Membuat kami berkenalan dan saling mengenal lebih jauh.

Ibu Rullyta adalah seorang pendidik, pegiat & penggiat literasi, relawan, seorang ibu, dan inspirator sekaligus. Beliau adalah pendiri dan pengelola Kampoeng Literasi (TBM An-Nisa) kota Balikpapan.

Pertemuan saya dengan beliau adalah sebuah takdir yang berhasil mengubah hidup saya. Dari beliaulah saya terinspirasi untuk mendirikan taman baca seperti yang beliau dirikan. Karena buku-buku adalah bagian dari impian saya. Saya adalah bagian dari orang yang suka dengan buku-buku dan saya ingin buku-buku yang saya baca juga bisa dibaca oleh banyak orang. Terutama untuk mereka yang suka membaca, tapi tidak memiliki uang untuk membeli buku.

Saat itu, saya dan suami tidak punya pekerjaan. Saya berhenti dari perusahaan dan memutuskan sebagai ibu rumah tangga biasa. Karena tidak memiliki kesibukan, saya berusaha mewujudkan impian saya untuk memiliki perpustakaan pribadi.

Berawal dari diskusi kecil dengan Ibu Rullyta, akhirnya saya memberanikan diri membuka sebuah taman bacaan masyarakat hanya bermodalkan lima puluh buku koleksi pribadi. Pada Februari 2018, saya mendirikan sebuah taman baca yang saya beri nama “Taman Bacaan Bunga Kertas” yang saat ini dikenal sebagai "Yayasan Rumah Literasi Kreatif". Hingga saat ini, taman baca saya terus berkembang. Dari koleksi lima puluh buku, terus bertambah hingga lebih dari seribu lima ratus buku. Dalam tiga tahun terakhir ini, taman baca yang saya dirikan mendapat penghargaan setiap tahunnya untuk program pemberdayaan masyarakat yang bekerjasama dengan perusahaan swasta.

Dari beliau juga, saya lebih banyak belajar. Terutama kepercayaan diri saya yang hanya lahir sebagai anak pelosok dan lulusan SMA. Beliau tidak pernah berhenti memberikan booster untuk saya. 

Ketika saya bilang “Saya nggak bisa, Bu. Saya cuma lulusan SMA.” karena saya memang tidak percaya diri. Tapi beliau selalu bilang kalau ijazah bukanlah satu-satunya modal bagi kita untuk berperan di masyarakat. Karena pengetahuan dan wawasan kita tidak ditentukan oleh selembar ijazah. Ketika kita sudah bisa berperan dan diterima oleh masyarakat, selembar ijazah itu bisa kita dapatkan dengan program pembelajaran khusus.

Dari situlah saya semangat untuk belajar. Menambah wawasan dan pengetahuan dengan cara membaca buku. Hingga akhirnya saya bertemu dengan ilmu yang berhasil mengubah hidup saya. Dari beliaulah saya terinspirasi untuk lebih banyak belajar. Selama kita bisa membaca dan memahami bacaan kita, maka kita akan memiliki akses menuju ke masa depan yang lebih baik.

Dari membaca, saya memiliki banyak pengetahuan. Pengetahuan tentang bagaimana menggunakan sosial media dengan baik hingga merambah ke blogger. Dari hobby membaca, saya tertarik untuk membuat tulisan dan memang memiliki cita-cita sebagai novelis. Awalnya, saya tidak percaya kalau saya akan hidup sebagai seorang novelis. Terlebih, saya tidak tahu kalau menulis bisa menghasilkan uang.

Berbekal pengetahuan dan wawasan dari buku-buku dan tulisan yang saya baca, saya akhirnya bisa menciptakan sebuah tulisan. Semakin banyak membaca, kosa kata kita akan bertambah dan semakin berani untuk menulis. Membuat saya akhirnya bisa menulis novel dengan ribuan bab dan memiliki penghasilan hingga ratusan juta. Sangat berbeda jauh dengan ketika saya bekerja di perusahaan.

Bagi saya, orang-orang yang telah menginspirasi dan mengubah hidup saya adalah seorang pahlawan. Terkadang, satu kalimat saja bisa menggugah hati kita untuk lebih bersemangat menjalani kehidupan ini. Ada banyak kalimat motivasi dan inspiratif dari orang-orang besar yang terdengar di telinga kita, tapi tidak membuat hidup kita berubah. Malah, orang-orang biasa di sekitar kita yang memberikan inspirasi dan membuat kita menjadi besar.

Orang yang membukakan pintu untuk akses menuju kesuksesan adalah pahlawan bagi saya. Saya tidak bisa bersikap dan berkata bahwa apa yang saya miliki adalah murni kerja keras saya tanpa peran orang lain. Ada banyak orang-orang yang berperan dalam hidup saya dan Ibu Rullyta adalah inspirasi, role model yang telah membuat saya bersemangat untuk belajar hingga bisa berdiri di titik ini.

Terima kasih untuk mendiang Ibu Rullyta yang telah memberikan semangat pada saya! Menjadi pahlawan bagi saya dan bagi banyak orang di luar sana. Memberikan inspirasi tiada henti tanpa pamrih. Tidak mengharapkan balasan dan selalu tulus memberikan pelajaran hidup pada banyak orang di luar sana.

Saya percaya, bukan hanya saya yang tergugah hatinya karena motivasi dari beliau. Ada banyak orang yang terinspirasi oleh perjuangan beliau. Saya tidak pernah lupa senyum terakhir beliau di saat kritis melawan kanker di tubuhnya. Dia menggenggam erat tangan saya dan berkata, “Penerusku.”

Kalimat terakhir beliau membuat saya tergugah untuk terus menjadi inspirasi di daerah saya. Menjadi seorang ibu yang tidak pernah berhenti belajar, selalu tulus membantu sesama, bermanfaat untuk banyak orang, tetap berprestasi dan memberikan inspirasi untuk negeri.

Terima kasih untuk pahlawan yang telah berhasil mengubah hidup saya dan banyak orang di luar sana ...! Jasa-jasamu tidak akan pernah aku lupakan. Bagiku, relawan pendidikan adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang sesungguhnya.

Kalau kalian ingin tahu lebih dalam tentang sosok Almarhumah Ibu Rullyta, kalian bisa baca karya beliau berjudul "Kisahku dan Buku"  yang ditulis ketika dia berjuang melawan kanker.



Siapa pahlawan tanpa tanda jasa yang ada di dalam hidupmu dan mampu membuat hidupmu berubah?

 

Demikian tulisan kecil dariku, semoga menginspirasi dan memotivasi kalian semua.



Oh ya, aku mau kasih tahu ke kalian kalau Kontes Blog Super Bercerita ke IV udah buka, loh. Kalian bisa bikin konten blog mulai April - Juni 2022. Pada kontes blog kali ini, Super Bercerita akan mengangkat tema #KadoUntukPahlawan. Kalian bisa mengangkat sosok-sosok inspiratif yang ada di sekitar kalian dan layak mendapatkan predikat sebagai pahlawan. Blogger dengan tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah dari Aplikasi Super dan sosok pahlawan yang diangkat dalam tulisan juga akan mendapatkan kado, loh.

Yuk, buat kalian yang suka nge-blogging. Wajib banget ikut kontes ini! Selain dapet hadiah, kalian juga bakal dapet pahala karena sudah memberikan kado dari karyamu untuk pahlawan yang membantu menginspirasi hidupmu.

Kalian bisa klik link di bawah ini untuk ikut kontesnya, ya!

Kontes Super Bercerita ke IV

 

 

 

 

  

 

 

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas