Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Wednesday, July 8, 2020

Mengapa Penulis Harus Rutin Update?


Source: pixabay.com


Hai, teman-teman ...
How are you?
Aku lagi kena insomnia nih.
Ah, sepertinya bukan insom, tapi karena aku banyak minum kopi. Jadi, nggak bisa tidur karena kelakuan aku sendiri.

Saat aku nulis ini, waktu sudah menunjukkan pukul 01.25 WITA. Jelas sudah tengah malam bahkan hampir pagi. Tapi, aku masih saja menatap layar komputer sambil menyunsun kata dan mencari ide yang akan aku tuangkan dalam tulisan.

Sebagai salah satu author webnovel di Novelme, aku dituntut untuk rajin update setiap hari. Mmh ... sebenarnya, bukan hanya tuntutan saja, tapi juga sebuah tantangan buat aku untuk tetap produktif dalam menulis.

Kadang, kesibukan di dunia nyata bikin aku nggak punya banyak waktu untuk nulis. So, aku cuma bisa nulis paling banyak 3 sampai 5 bab sehari. Itu dapet 5 bab sehari kalo lagi kerasukan setan aja. Hahaha.

Tantangan menulis di platform online adalah menulis setiap hari. Ya, setiap hari juga harus update biar pembaca kita nggak kecewa. Mereka tetap mau baca tulisan kita tanpa protes. Misalnya, tiap baca bab kudu bayar dulu pakai koin, dll.

Alasan terbesar kenapa penulis harus rutin update cerita setiap hari adalah pembaca.
Ya, setiap pembaca memiliki persepsi yang berbeda ketika mereka membaca sebuah naskah cerita.


1. Menyayangi Pembaca Kamu

Kalo kamu rutin update, artinya kamu menyayangi pembaca kamu yang nunggu update-an setiap hari. Jangan sampai bikin pembaca kamu kecewa.
Mereka yang udah baca cerita kita. Pasti bakal nunggu bab terbaru yang bakal kita rilis. Kayak novelku "Perfect Hero" yang ada di Novelme, kalo telat update bakal ditodong sama pembaca. Apalagi kalo aku up 3 bab perhari, trus tiba-tiba cuma bisa update 2 bab dalam sehari. Pasti, pembaca juga bakal nanyain tuh. 
So, update cerita kita setiap hari untuk menyayangi pembaca dan bikin mereka betah ada di rumah novel kita.


2. Pembaca kamu akan lebih menghargai kerja keras dan karyamu.

Kalau kita bisa update bab setiap hari. Pembaca bakal menghargai kerja keras kita yang udah menyempatkan banyak waktu buat bikin mereka senang. Menghadirkan sebuah karya tulis yang menghibur dan memiliki kualitas yang baik.
Seorang pembaca yang cerdas, tentunya akan sangat menghargai hasil kerja keras kita. Karena, nulis itu nggak segampang yang dibayangkan. Harus riset, nyari ide dan ngejar jam tayang karena kudu update setiap hari.

Jadi penulis webnovel, tentunya nggak mudah. Kita harus konsisten update setiap hari supaya pembaca kita bisa senang sama karya-karya yang kita tulis.

So, buat kalian yang berniat dan berminat jadi penulis webnovel, kudu rajin update setiap hari biar disayang sama pembaca ya!


Cukup sampai di sini tulisan kecil dari aku.


Sampai ketemu lagi di ruang selanjutnya...
🤗🤗🤗



3 comments:

  1. Gimana caranya membagi waktu kak antara kegiatan keseharian dengan waktu menulis kadang klo dah pulang kerja gtu suka kalah sama rasa capek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... iya juga sih. Kalo udh capek, pasti nggak mood.
      Kalo aku waktu nulisnya subuh kak. biasa bangun jam 3 atau jam 4 pagi buat nulis. karena siang banyak aktivitas, malam udah lelah... hehehe

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas