Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Wednesday, April 7, 2021

3 Cara Mudah Membuat Deskripsi Novel yang Menarik



Hai ... hai ...!
Apa kabar nih?

Pernah ke toko buku?

Kalau cari buku, apa sih yang pertama kali kalian lihat?

Yang pertama, pasti lihat judul dan covernya. Selanjutnya, kita akan melihat sinopsis, blurb atau deskripsi tentang novel tersebut. Ini adalah salah satu persoalan besar yang terlihat sepele. Karena deskripsi novel akan menentukan pembaca akan memilih membeli novelmu atau tidak. 

Jujur, kalau pergi ke toko buku, aku juga selalu membaca deskripsinya terlebih dahulu. Setelahnya, barulah akan memutuskan untuk membacanya atau tidak. So, dari ribuan atau jutaan buku yang ada ... kita harus bisa bikin deskripsi novel yang menarik.


Kali ini, aku mau ngasih tips tentang deskripsi novel supaya menarik perhatian pembaca.

Gimana sih caranya biar deskripsi novel kita itu bisa menarik?

Simak tips yang ada di bawah ini ya!


1. To the Point

Buatlah deskripsi kamu itu langsung ke intinya. Nggak usah bertele-tele. Buat kalimat semenarik mungkin untuk membuat pembaca penasaran dan ingin membaca karya kamu. Kamu bisa lihat contoh deskripsi novel "Perfect Hero" karya Vella Nine.




2. Bangun Citra Novelmu

    Dengan membangun citra novelmu di deskripsi novel, akan menarik minat pembaca untuk membaca cerita dalam novel tersebut. Kamu bisa memberikan gambaran secara keseluruhan dalam novel kamu dan tetap membuat penasaran pembaca. Kamu bisa lihat contoh deskripsi novel "Travelling ke Hatimu" karya Jun Akhena.




3. Tambahkan Kutipan dari Novelmu

     Kutipan novel yang diletakkan di deskripsi novel akan membuat pembaca tertarik saat membacanya dan ingin membuka bab-bab novel yang kamu tulis. Kamu bisa lihat contoh novel "My Mysterious Husband" karya Nawila ini:




 Nah, itu dia 3 tips bikin deskripsi novel yang menarik!

Semoga bermanfaat!



Much Love,

@vellanine.tjahjadi


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas