Book Author and Ambassador Novelme. Love to imagination, telling story and making money.

Tuesday, January 21, 2020

Mengenal Macam-Macam Alur Cerita



Hai ... temen-temen!
Buat kalian yang lagi belajar menulis, pasti banyak hal yang ingin kalian kenal kan? Salah satunya adalah mengenal alur cerita. Ada 3 macam alur cerita yang bisa kita gunakan dalam menulis fiksi. Alur adalah runtutan peristiwa atau kejadian yang ada dalam cerita. Alur merupakan salah satu poin penting dalam menulis sebuah cerita. Agar tidak membingungkan, maka kita harus menentukan alur cerita yang kita inginkan sebelum menulis. Alur sangat mempengaruhi apakah cerita yang kita buat menarik pembaca atau tidak.

Nah, kali ini aku mau ngasih penjelasan singkat tentang macam-macam alur cerita. Semoga mudah dipahami ya!
 



Di bawah ini, penjelasan dari 3 macam alur cerita:
Simak yuk!


1. Alur Maju

  Alur Maju yakni alur yang menampilkan peristiwa atau kejadian secara kronologis, maju dan berurutan dari awal sampai akhir cerita. Alur maju menceritakan kejadian secara beruntun dan tidak menceritakan adegan atau kejadian di masa lampau.

Contohnya : 

Baca Cerpen : Court of Love

Cerpen ini menggunakan alur maju. Meski membahas masa lalu, namun di dalam cerita ini tidak ada adegan atau kejadian yang diceritakan di masa lalu mereka. Kejadiannya sederhana, menceritakan masa sekarang sampai masa ke depannya.

2. Alur Mundur

    Alur Mundur yakni alur yang menampilkan peristiwa atau kejadian yang dimulai dengan penyelesaian atau akibat. Alur ini sering kita temui pada sebuah cerita yang memakai setting waktu di masa lampau. Alur Mundur menceritakan kejadian yang menarik saat ini dan penyebabnya di masa lalu.

Contohnya : 

Seseorang yang telah menikah, kemudian menceritakan kembali kehidupannya sebelum menikah. Bagaimana mereka bertemu dan saling jatuh cinta di masa lampau.

3. Alur Campuran

    Alur Campuran yakni alur yang menampilkan peristiwa atau kejadian yang diawali dengan kllimaks cerita, kemudian menceritakan kembali masa lalu dan diakhiri dengan penyelesaian di masa sekarang. Dalam menggunakan alur ini, kita harus berhati-hati. Jangan sampai membuat pembaca bingung. Alur campuran jarang sekali digunakan oleh penulis pemula karena runtutan cerita yang dapat membingungkan pembaca, juga menyulitkan penulis itu sendiri jika belum terbiasa.

Contohnya : 

Kisah seorang adik yang memiliki kakak yang sedang koma di rumah sakit karena kecelakaan. Ia menceritakan kejadian masa lalu sebelum kakaknya mengalami kejadian kecelakaan sampai akhirnya koma. Dia melakukan segala cara untuk bisa menyembuhkan kakaknya dan membuat kakaknya tersadar dari komanya.




Yang masih nggak paham dan mau tanya-tanya, bisa langsung komen aja. Aku bakal balas komentarnya saat aku sudah luang.

2 comments:

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas