Blog ini menceritakan tentang Kehidupan yang aku jalani. Keseharian yang ada dalam hidupku. Tentang cinta, tentang perjuangan dan pengorbanan, tentang rasa sakit dan tentang orang-orang yang ada di dalam kehidupanku. Tentang Desa Kecil dan gadis kecil yang mengabdikan hidupnya untuk masyarakat sekitar.

Saturday, July 6, 2019

Literasi Finansial di Taman Bacaan Bunga Kertas


LITERASI FINANSIAL


Literasi Finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep dan risiko, keterampilan agar membuat keputusan yang lebih efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.
Literasi finansial merupakan kecakapan hidup abad XXI yang meningkatkan kualitas sumber daya manusia, peningkatan taraf hidup sehingga dapat dijadikan penentu kemajuan sebuah bangsa. Strategi peningkatan kecakapan finansial perlu dilakukan secara berkelanjutan dan melibatkan seluruh warga sekolah, keluarga dan semua komponen masyarakat. Strategi ini perlu dirumuskan bersama dan disesuaikan dengan konteks kebutuhan dan kondisi sosial budaya masyarakat yang beragam.
Pada tanggal 03 Februari 2019, Taman Bacaan Bunga Kertas melahirkan sebuah klub ibu-ibu kreatif yang diberi nama Mamuja (Mama Muda Samboja) sebagai salah satu perwujudan atau pengaplikasian Literasi Finansial di Taman Baca. Setiap minggu diadakan pertemuan rutin untuk terus menjaga kebersamaan dan komitmen dalam berkarya bersama-sama. Selain berkumpul di taman baca, para ibu-ibu muda ini juga aktif berkreatifitas di rumah masing-masing dan menghasilkan karya / produk yang memiliki nilai jual sehingga bisa membantu kebutuhan finansial keluarga walau belum terlihat jelas kebermanfaatannya di dalam lingkungan masyarakat.
Struktur Mamuja
Pembina : Walrina
Ketua : Anis Tri Astuti
Sekretaris : Sri Handayani
Bendahara : Utami Relawati
Anggota : Rety, Eny, Erna, Alvia Diana, Suyati, Katiami

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas