Wednesday, January 23, 2019

Pentingnya Menulis Untuk Anak Dan Bagaimana Memulainya?

gln.kemdikbud.go.id
Tidak hanya membaca, menulis juga penting. Karena, menulis mampu mengasah kemampuan anak dalam memahami setiap teks yang ia baca dalam bacaan sehari-hari maupun kejadian yang terjadi di sekitarnya.
Menulis bisa tentang apa saja, misalnya:

  • Menceritakan hari pertama masuk sekolah
  • Kejadian paling memalukan yang pernah dialami.
  • Apa yang akan dilakukan saat liburan nanti?
  • Apa yang akan dilakukan ketika melihat teman bersedih?
  • Mengapa pelangi muncul setelah hujan?
  • Kalau bisa keliling dunia, tempat manakah yang akan dikunjungi?
  • Siapakah tokoh terkenal yang ingin ditemui? Mengapa?
Beberapa contoh di atas adalah contoh sederhana supaya anak-anak bisa memulai bagaimana ia menulis. Menceritakan kehidupan sehari-hari adalah salah satu cara mengajarkan anak-anak mengasah kemampuan menulisnya. Membiasakan anak menulis juga bukan hanya tugas seorang guru di sekolah. Orang tua memiliki peranan sangat penting dalam membiasakan anak-anaknya untuk mencintai literasi baca tulis. Sebagai wujud kasih sayang dan perhatian orang tua terhadap anaknya. Anak bukan hanya merasa bahagia bisa menulis cerita, namun juga bahagia karena ada orang tua yang mau mendengarkan setiap cerita yang ingin mereka ceritakan. Ada banyak hal menarik yang bisa saja ingin diceritakan oleh anak. Namun, terkadang orang tua sudah sibuk dengan kegiatannya dan jarang sekali menjadi pendengar bagi anak apalagi membimbing anak untuk belajar menulis cerita. Memberikan buku diary pada anak, dapat membuat anak senang bercerita dalam diary-nya. Ini juga merupakan salah satu cara mengasah kemampuan menulis anak-anak. 

Menulis, bisa dimulai dari mana saja dan kapan saja. Cara paling mudah dan paling dekat adalah menulis diary. Menceritakan kejadian yang terjadi di sekitar kita dalam susunan kata-kata. Ini bisa merangsang anak dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan potensi dirinya.





Lokasi: Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia

3 comments:

  1. the décor of embellishments. Pick up this matchless warm dress choice of the most rank to enlarge your essentiality looks. amateur cam site

    ReplyDelete
  2. kak makasih yah ...
    ilmunya sangat bermanfaat sekali bagi saya. :)

    ReplyDelete

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas