3F - Fict Feat Fact

Sunday, January 13, 2019

Inilah 7 Alasan Jerawat di Wajah


pixabay.com

Jerawat memang bukanlah penyakit kulit yang membahayakan. Namun, timbulnya jerawat menjadi salah satu alasan anak-anak remaja kehilangan percaya dirinya. Bayangin aja, kalau ketika si do'i mau ngajak jalan dan wajah kamu berjerawat? Euuuh ... rasanya pasti nggak nyaman banget deh. Jerawat yang besar terkadang sakit dan bikin nggak nyaman. Terlebih lagi buat perempuan yang suka pake make up. Wajah yang berjerawat, pastilah akan membuat make up di wajah kita tidak menempel secara sempurna.
Hadirnya jerawat memang tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, bisa berbahaya bagi kondisi psikologis karena mengurangi rasa percaya diri.
Tahu nggak sih, kenapa jerawat itu hadir di wajah kita tanpa diundang? Masih mending kalo diundang dan dia datang ngasih amplop. Nah, ini udah nggak diundang, datangnya bikin sakit dan bikin kita malu, nggak ngasih amplop pula. Kita malah dibikin bingung cari cara gimana ngusir jerawat itu jauh-jauh dari wajah kita.
Maka dari itu, kita harus tau apa aja sih penyebab timbulnya jerawat di wajah.
Yuk, simaaak!!!

1. Pubertas

Sebagian orang yang sedang memasuki masa pubertas atau masa-masa remaja memiliki jerawat. Hal ini disebabkan karena meningkatnya sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak sebagai akibat dari meningkatnya hormon testosteron.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ini kerap kali terjadi pada perempuan. Terutama ketika mengalami menstruasi dan  pada masa kehamilan. Hormon pada wanita mudah berubah ketika mengalami masa-masa tersebut.

3. Make-Up Berlebih

Penggunaan kosmetik yang berlebihan akan menimbulkan jerawat jika tidak diimbangi dengan membersihkan wajah yang benar. Terlebih lagi ketika tidur dalam kondisi make-up belum bersih secara sempurna. Memakai produk kosmetik yang tidak cocok juga dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, menimbulkan peradangan pada kulit sehingga timbul jerawat.

4. Sering Mencuci Muka

Banyak yang beranggapan kalau timbulnya jerawat karena kurang membersihkan wajah. Sehingga membuat kita menjadi lebih sering mencuci muka. Hal ini justru bisa memicu timbulnya jerawat dikarenakan kulit memproduksi minyak secara berlebih. Mencuci wajah cukup hanya 2 kali sehari menggunakan sabun pencuci muka yang tepat.

5. Ponsel Yang Kotor

Sudah banyak yang tahu kalau ponsel adalah tempat berkumpulnya bakteri. Dikarenakan kita sering meletakkan ponsel di tempat-tempat yang gelap dan sempit seperti tas dan kantong. Belum lagi tangan kita saat memegang ponsel terkadang dalam keadaan yang kotor. Hal ini menyebabkan banyaknya bateri yang ada di ponsel kita kemudian kita sering menempelkan ponsel tersebut ke wajah ketika menerima panggilan telepon dari seseorang.

6. Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi timbulnya jerawat. Mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah kita. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan agar kulit kita tetap terlihat sehat dan segar.

7. Memencet Jerawat

Terkadang kita merasa risih jika ada jerawat yang bergelayut manja di wajah kita, sehingga ada rasa gemas untuk memencet jerawat yang ada di wajah kita. Hal ini menyebabkan jerawat semakin banyak. Selain karena tangan kita yang kotor, memencet jerawat juga dapat menekan sumbatan pori ke arah yang lebih dalam sehingga menyebabkan bekas jerawat.

Nah, itulah 7 alasan kenapa jerawat demen nempel di wajahmu.
Yuk, kita hindari 7 hal di atas supaya wajah kita terbebas dari jerawat.


Jangan lupa follow dan komen di bawah ya! 😊😉


sumber referensi : www.merdeka.com


1 comment:

Copyright © Rin Muna
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas